Mahasiswa KKN-T Unigoro Sosialisasikan Hidroponik Kepada Ibu-Ibu Desa Sumbang Timun

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kelompok 10 KKN-Tematik Unigoro (Universitas Bojonegoro) melakukan sosialisasi hidroponik bersama ibu-ibu PKK desa sumbang timun, sosialisasi yang dihadiri ibu-ibu PKK, kepala desa sumbang timun, beserta perangkatnya. Kamis (21/8/2022).

Sosialisasi hidroponik ini menghadirkan Narasumber yaitu Nur Afiudin, Mahasiswa pertanian dari kelompok 10, dengan memberikan pengetahuan terhadap ibu-ibu PKK untuk memanfaatkan perkarangan mereka yang tidak dimanfaatkan untuk ditanami hidroponik dan tidak memerlukan banyak lahan dan banyak tenaga untuk perawatannya.

Dijelaskan AFI Nurafiudin bahwa Hidroponik Adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

“Hidroponik adalah bercocok tanam yang menggunakan media
tanam air Penggunaan air dalam sistem Hidroponik sangat efisien. Sistem hidroponik bisa dibuat
bertingkat sehingga bisa menghemat lahan Sayuran yang dihasilkan dengan sistem Hidroponik lebih bersih karena tanpa menggunakan pestisida,” Jelasnya.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari sosialisasi hidroponik yang diadakan salah satunya dapat meningkatkan perekonomian dari desa sumbang timun dan peningkatan sumber daya manusia pada sektor pertanian.

Salah satu warga berpendapat bahwa diadakannya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka karena bisa memberikan ilmu baru bagi para masyarakat desa sumbang timun dan dapat menambah pendapatan bagi mereka jika mengembangkan hidroponik ini.

Ketua kelompok 10 KKN-T Unigoro berpendapat bahwa diadakannya sosialisasi hidroponik ini karena setelah melihat potensi dilingkungan sekitar desa sumbang timun banyak rumah warga yang masih memiliki lahan kosong didepan rumah mereka yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pundi pundi dari lahan tersebut melalui bertani dengan cara hidroponik. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.