Kehadiran Peserta KKN Unigoro, Bantu Tingkatkan UMKM di Kabalan

oleh -
oleh

Reporter: Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka melaksanakan salah satu tridarma perguruan tinggi, mahasiswa Unigoro (Universitas Bojonegoro) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui program kuliah kerja nyata (KKN) Tematik yang dilaksnaakan selama satu bulan dengan fokus kegiatan melakukan pendampingan terhadap beberapa UMKM (Usaha amikro Kecil Menengah) terpilih yang ada di Bojonegoro.

Terdapat 25 kelompok perserta KKN-Tematik Universitas Bojonegoro yang tersebar ke 25 pelaku UMKM, salah satunya di IKM Sakur Food desa Kabalan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro adalah salah satu UMKM terpilih yang menjadi sasaran kegiatan KKN Tematik Unigoro kelompok 20 dalam peningkatan sektor usahanya.

Pemilik IKM Sakur Food, Taufik Sahlan menyampaikan rasa syukur atas kehadiran peserta KKN Tematik kelompok 20 dari Unigoro tersebut yang telah membantu dalam memajukan usahanya mulai dari membantu produksi, inovasi produk, hingga ke pemasaran offline maupun online/ digital marketing. Selain itu IKM sakur food juga dibantu dalam hal legalitas dan perizinan usaha.

“Alhamdulillah pendampingan yang dilakukan adik adik mahasiswa Unigoro ini sangat membantu kami dalam usaha,” Ujarnya, Selasa (2/8/2022).

Peningkatan sumber daya manusia merupakan salah satu fokus dari diadakannya kegiatan KKN di IKM Sakur food ini. Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM IKM tersebut, peserta KKN Tematik kelompok 20 Unigoro yang diketuai oleh Nur Taufiq dengan dosen pembimbing Lapangan Zuffa Anisa mendaftarkan Moch Taufik Sahlan selaku pemilik IKM Sakur Food untuk menghadiri acara Bimbingan Teknik yang diselenggarakan oleh kemenparekraf.

‘’Saya tidak menyangka dapat hadir satu forum dengan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Uno. Untuk kegiatan tersebut saya dimasukkan ke dalam grup WA. Saya sangat senang mendapatkan banyak ilmu baru yang sangat bermanfaat bagi usaha saya, serta bisa bertemu dan sharing pengalaman dengan para pelaku ekonomi kreatif lainnya dalam acara tersebut.’’ terang Taufik Sahlan.

Acara Bimtek Temu Teman Insan Kreatif (TEMATIK) subsektor periklanan dilaksanakan di Eastern Hotel Bojonegoro, Rabu (27/07/2022) lalu, Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Direktur Pengembangan SDM Ekraf Erwita Dianti, Deputi Bidang Industri Dan Investasi Hengky Manurung, Direktur Komunikasi Pemasaran Diah Paham, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awwanah, serta 100 pelaku ekonomi kreatif yang ada di Bojonegoro.

Moch Taufik Sahlan juga mengatakan bahwa Pelatihan ini sangat menarik dan bermanfaat bagi IKM yang dia kelola , apalagi Sakurfood memiliki beberapa produk, salah satunya kerupuk tahu dan stik mie yang juga memiliki beberapa varian rasa yakni original, balado, dan pedas bawang daun jeruk.

Setelah menghadiri acara bimbingan teknis yang di selenggarakan oleh Kemenparekraf, Moch Taufik Sahlan selaku pemilik IKM Sakur Food berharap, Semoga IKM Sakur Food dapat memperluas jaringan dan menjalin banyak kerjasama sehingga dapat memperbaiki kualitas dan manajemen usahanya serta menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan penjualan. (Rum/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.