Penyuluhan Budidaya Jahe Merah Oleh Tim KKN Unigoro di Desa Bumirejo Kecamatan Kepohbaru

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kasus covid-19 membuat masyarakat harus tetap waspada. Banyak usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah dengan cara memperketat protokol kesehatan. Selain menerapkan protokol kesehatan, dapat juga dilakukan usaha untuk menjaga imunitas tubuh. Hal yang sering dilakukan masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan cara memanfaatkan kekayaan alam seperti tanaman toga, salah satunya adalah jahe merah.

Jahe merah memiliki  kandungan zat oleoresin, gingerol, dan zingeron. Kandungan-kandungan pada jahe merah ini dapat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh. Biasanya masyarakat mengolah jahe merah sebagai jamu atau minuman berkhasiat untuk dikonsumsi pribadi atau diperjualbelikan. Di sisi lain, jahe merah memiliki harga yang tinggi, terlebih di masa pandemi covid-19 ini.

Menanggapi permasalahan tersebut, tim KKN Unigoro Kelompok 13 yang bertempat di Desa Bumirejo Kecamatan Kepohbaru mengadakan penyuluhan budidaya jahe merah pada 28/08/2021 dengan pemateri dari CV. Bareng Agro Kencana Jombang bertempat di Balai Desa Bumirejo Kepohbaru. CV. Bareng Agro Kencana ini merupakan badan usaha yang bergerak dibidang pertanian yakni pembibitan jahe merah.

Sasaran penyuluhan tersebut yakni kelompok tani Desa Bumirejo. Dalam penjelasannya, dari CV. Bareng Agro Kencana menjelaskan mengenai cara menanam jahe merah, perawatan, hingga pemilihan media tanam.

Dalam acara tersebut, tim KKN juga melakukan praktek secara langsung penanaman jahe merah bersama kelompok tani. Diakhir acara, tim KKN membagikan bibit jahe merah ke kelompok tani, dan masyarakat sebanyak 300 bibit jahe merah. Sebelum dibagikan ke warga, bibit jahe dikemas dengan polybag yang berisikan tanah dan pupuk kompos. Tidak hanya itu, tim KKN juga membuat Green House Jahe Merah di samping Balai Desa.

Salah satu kelompok tani mengatakan bahwa, kegiatan yang dilakukan oleh tim KKN unigoro sangat bermanfaat bagi warga sekitar, karena bisa memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki warga karena media tanamnya bisa dengan polybag.

Dengan diadakannya kegiatan ini, kami mengharapkan warga sekitar bisa memanfaatkan penanaman jahe merah dengan baik dan kedepannya bisa mengembangkan penanaman jahe merah untuk bisa meningkatkan perekonomian, ujar Ketua Tim KKN Kelompok 13. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.