Pelatihan Jurnalistik Bagi Siswa SMP Negeri 4 Untuk Menambah Wawasan Kreatif

oleh -

Reporter : Ciprut Nurlaila

SuaraBojonegoro.com – Guna mengasah kemampuan bakat dan minat di bidang ilmu jurnalistik, siswa-siswi SMP Negeri 4 Bojonegoro, khususnya anggota tim 4U The Magz, diberikan pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan di aula SMPN 4 Bojonegoro, Rabu (16/12/2020).

Pembina jurnalistik, Hariani Susanti, kegiatan pelatihan menulis berita bagi jurnalis cilik 4U The Magz Team ini diikuti oleh perwakilan 25 siswa yang duduk di kelas 7, 8 dan 9 juga untuk meningkatkan wawasan kreatif bagi Siswa Siswi, dan menyalurkan minat dan bakat untuk menulis.

Saat membuka acara pelatihan Menulis Berita bagi Jurnalistik Cilik, Kepala.SMP Negeri 4, Agus Sugianto, berharap dengan adanya pelatihan Menulis Berita ini, para peserta dapat mempunyai pengetahuan dan kemampuan tambahan untuk menuangkan ide dan pemikirannya ke dalam sebuah karya tulis.

“Kami memberikan pelatihan ini bukan saja sekedar mengenal pekerjaan para jurnalis tapi nantinya para peserta mampu menuntaskan majalah sekolah 4U The Magz di setiap semester”  ucap kepala SMPN 4 Bojonegoro.

Melalui pelatihan Menulis Berita bagi Jurnalistik Cilik kali ini pihak sekolah mengundang pemateri yang merupakan seorang guru dan  jurnalis Prawoto, Dia akan memberikan  materi dasar tentang jurnalistik. Agus juga memberikan tips dan teknik mewawancarai narasumber.

“Misalnya sebelum melakukan wawancara, seorang jurnalis harus menentukan topik atau masalah, Kemudian memahami masalah yang ditanyakan dan harus sudah menyiapkan pertanyaan.” Jelasnya.

Dia juga menyampaikan bahwa jurnalis juga harus menjadi pendengar yang baik. Karena tugas wartawan menggali informasi, bukan menggurui narasumber, apalagi ingin menunjukkan agar terkesan lebih pintar atau lebih paham dari narasumber,” Pungkasnya. (Prut/Lis)