Pemdes Pungpungan dan BUMDes Berkaho Gelar kelas Digital Marketing

oleh -71 views

Oleh : Didik Winarto

SuaraBojonegoro.com – Perkembangan teknologi komunikasi saat ini semakin memudahkan seseorang dalam melakukan berbagai kegiatan setiap harinya. Salah satunya pada bidang komunikasi pemasaran. Untuk mengenalkan produk kepads konsumen terdapat banyak cara yang salah satunya dengan menggunakan media internet.

Pemasaran bisnis melalui internet juga merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui online marketing informasi produk dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah-daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk.

Desa Pungpungan merupakan salah satu daerah yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai buruh pabrik, kulibangunan dan petani serta pengusaha UMKM berbagai macam produk. Kendala dari para pelaku UMKM tersebut adalah dari strategi pemasaran.

Tidak semua produsen suatu produk mengerti mengenai online marketing, khususnya masyarakat yang berdomisili di daerah pedesaan dimana pengetahuan mengenai internet sangat terbatas.  Namun produk yang dihasilkan hanya sebatas untuk dipakai sendiri, padahal jika kegiatan ini terus dikembangkan dan didukung dengan kegiatan pemasaran produk yang baik maka akan menghasilkan pendapatan tambahan bagi masyarakat sekitar desa.

Atas dasar itulah Pemdes Pungpungan dan BUMDes Berkaho mengadakan acara berbentuk Kelas Digital Marketing. Acara yang terlaksana pada hari ahad pagi tanggal 6 September 2020 tersebut diadakan di Balai desa Pungpungan.

Belasan pengusaha UMKM mengikuti dengan seksama penjelasan dari pemateri mas Maliki pemilik SAMARA Digital Art And Wedding Cepu.

Resma Edhi Satria, ketua BUMDes Berkaho mengatakan bahwa pelatihan digital marketing ini merupakan hal yang baru di desanya. Karena selama ini belum pernah ada pelatihan terkait digital marketing. Pihaknya juga berharap setelah pelatihan ini para pelaku UMKM dapat terbantukan masalah pemasaran. Sesuai dengan slogan BUMDes Berkaho “Hadir Untuk Pungpungan”,selain bisa meningkatkan PAD Desa,warga Pungpungan juga terbantu dengan agenda seperti ini.

Slamet Hariyadi, Kepala Desa Pungpungan menyampaikan bahwa pelatihan seperti ini sangat bermanfaat sekali. Karena warga Pungpungan tidak ingin ketinggalan dengan warga desa lainya. ”Sesuai dengan cita-cita kami pemdes untuk selalu Berbenah, Pelatihan digital marketing ini mudah-mudahan bisa menjadikan ekonomi desa bergeliat”.Pungkasnya. (dik/Lis)