Komisi C DPRD Akui Pemkab Bojonegoro Ikut Andil Tangani Soal Pasien Tities

oleh -0 views

Reporter : Sasmito

SuaraBojonegoro.com – Komisi C DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Bojonegoro hari ini memanggil pihak RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Sosrodoro Djatikusumo Bojonegoro, untuk meminta penjelasan terkait persoalan pasien bernama Tities Dwi Prihantana (23) warga Mori Kecamatan Trucuk yang lengannya terus membengkak pasca Operasi medis di RSUD tahun 2017 silam.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Ahmad Supriyanto menyampaikan bahwa Dari hasil Hering dengan pihak RSUD pihaknya meminta seputar informasi sebelum dilakukan tindakan medis oleh pihak Rumah Sakit, dan mendapatkan penjelasan bahwa penanganan pasien bernama Tities telah sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP).

“Dalam hering dengan kami pihak RSUD menunjukkan hasil pra dan pasca operasi, meskipun tidak diperbolehkan pinta foto copynya,” ucap Ahmad Supriyanto. senin (6/1/2020) kepada Wartawan.

Berita Sebelumnya http://suarabojonegoro.com/read/2020/01/06/kepedulian-terjadap-pasien-lengan-membesar-asal-trucuk-terus-mengalir

Berita Sebelumnya http://suarabojonegoro.com/read/2020/01/04/didampingi-anggota-dprd-jatim-penderita-lengan-membengkak-asal-trucuk-dibawa-ke-surabaya

Awalnya pihak RSUD juga menyampaikan bahwa tidak diperbolehkanya meminta foto copy ada alasan khusus, yakni terkait kode etik Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 269 tahun 2008 tentang wajib simpan rahasia kedokteran, dan pihak komisi C hanya melihat isi dari berkas yang berisi riwayat pasien sebelum di lakukan operasi medis.

“Mengenai permasalahan itu, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Organisasi Perangkat Dinas terkait tidak tinggal diam, yang mana juga ikut andil perihal penanganan permasalahan pada Pasien Tities,” Terang Supriyanto.

Politisi Dari Partai Golkar ini mengaku bahwa semua pihak mencari solusi, salah satunya bagaimana cara pengobatan agar kiranya pasien sembuh sedia kala.

Meskipun Komisi C DPRD Menyampaikan bahwa pemkab Bojonegoro melalui OPD terkait dan semua pihak ikut andil dalam persoalan pasien Tities yang mengalami pembengkakan pada lengan dan saat ini juga wajahanya, justru Salah satu anggota DPRD Provinsi Jatim Budiono, beberapa hari lalu mengambil langkah cepat dengan membawa Tities ke RSUD dr Soetomo di Surabaya untuk mendapatkan Pengobatan guna kesembuhan Pasien asal Desa Mori ini.

Beberapa komunitas di Bojonegoro juga melakukan langkah agar bisa meringankan biaya keluarha Tities dalam menjalani pengobatan di RSUD dr Soetomo Surabaya dengan melakukan penggalangan Dana. (Sas*)