Bojonegoro Kampung Pesilat Akan Tampilkan Pencak Budaya Dan Kirab Lambang Perguruan

oleh -1.072 views

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Perguruan Pencak Silat yang ada di Bojonegoro dan tergabung dalam BKP (Bojonegoro Kampung Pesilat) akan menggelar kirab budaya Pencak Silat dalam rangka Harkamtibmas dan juga sebagai bentuk peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-74.

Ketua BKP Wahyu Subakdiono menyampaikan bahwa acara kirab budaya pencak silat dan juga bendera lambang perguruan ini akan diikuti oleh 18 Perguruan Pencak silat yang ada di Bojonegoro dengan menampilkan jurus Harmoni.

“Jurus harmoni ini adalah rangkaian dari gerakan pencak silat yang tegabung dalam BKP dan akan ditampilkan oleh sekitar 600 anggota pencak silat,” Tutur Wahyu Subagdiono, Sabtu (17/8/19).

Adapun rute yang akan dilalui oleh kirab budaya Pencak silat dan bendera perguruan ini diawali dari Mapolres Bojonegoro menuju jalan MH Thamrin, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Mastumapel menuju Pemkab Bojonegoro.

Masih menurut Pria yang juga Ketua IPSI Bojonegoro ini bahwa di beberapa titik perjalanan kirab, akan ditampilkan gerakan silat dari Perguruan masing masing, ” Untuk musik nanti akan diiringi dengan musik khas tradisional Bojonegoro yaitu seni Oklik,” Tambah Wahyu Subagdiono.

Sementara itu Kasat Bimas Polres Bojonegoro, AKP Sujono mengatakan bahwa dalam kirab ini, sebagai wujud persatuan dan kesatuan para anggota oencak Silat yang ada di Bojonegoro untuk bersama sama membangun masyarakat yang sehat kuat dan juga mempertahankan sebi budaya luhur warisan bangsa yaitu pencak silat.

“Pencak silat ini adalah warisan luhur bangsa yang patut dilestarikan bersama untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan, jika semua elemen pencak silat kuat maka negara akan aman damai dan sejahteta,” Tutur AKP Sujono.

Kasat Binmas juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sebagai Harkamtibmas agar terus tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat Bojonegoro melalui budaya pencak silat. (Rum/Red)