Kajian Lapangan Untuk Pilkades Aman di Bojonegoro

oleh -145 views

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Guna mengantisipasi berkembangnya konflik sosial, yang dapat menganggu keamanan, ketertiban masyarakat umum, Pemkab Bojonegoro melalui Bakesbangpolinmas, menggek
Lar Kajian lapangan menjelang Pemilihan Kepala Desa serentak agar aman kondusif dan tertib, Kamis (19/12/19).

Dalam penyampaiannya, Kepala Bakesbamgpolinmas menyampaikan bahwa Tahapan Pilkades memang rawan dengan konflik, namun semua bisa dikondisikan menjadi aman tertib dan nyaman oleh masyarakat sendiri dan juga peran penting Calon Kepala Desa untuk mengendalikan tim suksesnya.

“Pilihan hanya sesaat, namun bertetangga adalah selamanya saling menghargai dan tidak menjadikan tahapan pilkades untuk ajang kerusuhan sehingga semua bisa berjalan dengan baik,” Kata Kusbianto.

Kusbianto juga berharap dengan kondisi masyarakat Bojonegoro yang sangat ramah, dan demokrasi berjalan dengan baik sehingga masyarakat bisa mengikuti proses tahapan Pilkada hingga usai.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) Wahyu Subakdiono menyampaikan, anggota pencak silat juga memiliki peran penting dalam menciptakan suasana masyarakat yang kondusif, dan tidak menunjukkan perbedaan organisasi dalam dukungan calon Kepala Desa.

“Boleh mendukung jangan mengatasnamakan organisasi dan juga menghunakan atribut Pencak silat dalam mendukung Calon karena itu akan menimbulkan konflik di masyarakat,” Pesan Wahyu Subakdiono.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kasat Intel AKP Akay, dan Kasat Binmas Polres Bojonegoro AKP Sujono, yang menyampaikan pesan Kamtibmas terhadap masyarakt Bojonegoro bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat sangat penting untuk membuat masyarakat Bahagia, sehingga jika kamtibmas tercapai dengan baik maka masyarakat juga mudah dalam beraktifitas dalam menjalankan roda perekonomiannya.

“Mari kita jaga Bojonegoro ini agar aman dan tertib saat pelaksanaan pilkades di Bojonegoro, jangan sampai terjadi kerusuhan dari perbedaan dalam pilkades,” Papar AKP Sujono.

Diharapkan seluruh elemen tokoh masyarakat yang ada tokoh kelompok masyarakat yang ada dengan kharismatiknya bisa mengondisikan anggota masyarakatnya, sehingga dipastikan terciptanya suasana yang kondusif.

Kegiatan Kajian lapangan ini diselenggarakan di Balai Desa Sobontoro Balen, dan juga di Ruang Pertemuan Kecamatan Sumberrejo,  dan juga dihadiri oleh Ketua BKP Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Linmas, Kapolsek Jajaran, serta Kepala Desa.

Adapun sebagai Nara Sumber diantaranya Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bojonegoro, Pasi Intel Kodim 0813 Bojonegoro, Ketua BKP  Kabupaten Bojonegoro, Kasat Binmas Polres Bojonegoro Kasat Intel Polres Bojonegoro, dan Kepala Bakesbangpolinmas Bojonegoro. (Rum/Red)