Persatuan Bangsa Syarat Mutlak Indonesia Merdeka

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Di era maraknya ujaran kebencian dan berita bohong (hoax) di kalangan masyarakat saat ini, perlu adanya penguatan pemahaman Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang harus dipegang teguh agar terjaga persatuan bangsa. Dalam rangka memperkuat persatuan nasional di tengah Masyarakat, Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR, H. Abidin Fikri, S.H., M.H menyelenggarakan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Balai Desa Bandungrejo, Kec. Plumpang, Tuban, Minggu (19/08/2018).

Dalam agenda yang masih bernuansa peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 73 tahun, Abidin menjelaskan sejarah perjuangan bangsa yang diisi oleh lintas ras, agama dan suku yang disatukan oleh semangat kemerdekaan bangsa Indonesia. “Mari kita insyafi betul perjuangan para pendiri bangsa hingga kita mempunyai Pancasila sebagai dasar dan pemersatu bangsa Indonesia,” jelas Abidin.

“Perbedaan suku, agama, ras dan golongan adalah kekayaan bangsa kita dan ini tentu adalah anugerah Allah SWT, maka bangsa ini harus merawat anugerah Allah tersebut sebagai bentuk ungkapan syukur atas anugerah Allah SWT. Persatuan bangsa adalah syarat mutlak Bangsa ini untuk meraih kemerdekaan sejati,” tegas Abidin Fikri di hadapan ratusan masyarakat desa Bandungrejo.

Kita harus bisa ambil pelajaran dari sejarah dari negara lain yang terpecah belah karena tidak mampu mengelola dasar negara dan perbedaan. “Kita ambil contoh India, yang tidak dapat merumuskan dasar negara sendiri dan pecah menjadi Pakistan, lalu pecah lagi jadi Banglades”. Lanjut Abidin.

“Contoh lain adalah perang saudara antara Serbia dan Bosnia karena perbedaan etnis dan agama yang menimbulkan banyak korban jiwa.
Contoh yang paling baru adalah perang saudara di Suriah. Tentu kita Indonesia tak mau terpecah seperti negara-negara tersebut,” tegas Abidin.