Program Takmir dan Remaja Masjid, Mampu Tingkatkan Jamaah Shalat di Masjid Bareng

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com –  Pemandangan tidak biasa terlihat di halaman masjid Baiturrahim Desa Bareng, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, masjid ini dipenuhi oleh jamaah, mulaindari Anak-anak dan orang dewasa hingga halaman masjid menjelang sholat shubuh.

Menurut Warno (50) salah satu jamaah sholat shubuh ketika diwawancarai mengatakan bahwab kegiatan sholat berjamaah untuk sholat Maghrib, Isya’ dan Subuh di Masjid itu selalu penuh mencapai teras masjid. “Meskipun berada di pelosok desa, jumlah jamaah sholat di masjid ini tidak kalah dengan masjid-masjid besar di kota,” Katanya, Rabu (5/6/2024).

Penuhnya jumlah jamaah Masjid Baiturrahim tak lepas dari peran aktif takmir dan remaja masjid dalam menciptakan program-program masjid. Berbagai program Masjid Baiturrahim diantaranya Jumat Berkah, Subuh Berkah dan Pengajian Rutin.

Menurut Muhamad Shohibul Ulum (40) ketua takmir Masjid Baiturrahim, program-program ini dibuat untuk menarik minat masyarakat untuk datang ke masjid untuk melaksanakan sholat jamaah.

Jumat berkah, adalah program pemberian makanan gratis untuk para jamaah sholat jumat. Shubuh Berkah, adalah program pemberian sembako gratis untuk para jamaah sholat shubuh setiap hari jumat. Dan Pengajian Rutin yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahim setiap hari Jumat Pahing.

Program-program ini dilaksanakan dengan anggaran yang diperoleh dari infaq para donatur, baik dari Desa Bareng maupun dari luar kota / kabupaten. Takmir berharap dengan suksesnya program-program Masjid Baiturrahim yang notabene berada di pelosok desa dengan jamaah yang cukup banyak, dapat menambah effort takmir dan remaja masjid dalam memakmurkan masjid, serta dapat menginspirasi pengurus masjid-masjid lain agar masjid tak sekedar jadi monumen yang sepi jamaah, akan tetapi menjadi masjid yang selalu ramai dengan jamaah. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.