Tidak Lolos SNBP 2024, Psikolog Unigoro Beri Solusi

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com — Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 diumumkan hari ini (26/3/24). SNBP adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa tes yang dilaksanakan serentak. Peserta yang tidak lolos SNBP masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi di jalur Seleksi Nasional Berbasis Tulis (SNBT) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024, seleksi mandiri PTN, atau mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS).

Direktur Unigoro Career Center (UCC), Rio Candra Pratama, S.Psi., M.Psi., Psikolog, menilai, seleksi di jalur SNBP dan SNBT UTBK berlangsung sangat ketat. Bagi siswa kelas XII yang tidak lolos di seleksi tersebut, tidak perlu berkecil hati. “SNBP adalah pintu pertama. Maka untuk teman-teman yang belum lolos sadarilah masih ada pintu-pintu lain. Seperti SNBT UTBK, seleksi mandiri PTS, atau kuliah di PTS. Sedih itu wajar, hanya jangan dibiarkan berlarut-larut. Gunakan kesedihan itu sebagai alasan kita untuk bangkit kembali,” paparnya.

Untuk bertarung kembali di jalur SNBT UTBK, Rio mengingatkan para peserta agar tidak belajar ugal-ugalan. Mereka harus bisa mengendalikan energi untuk belajar soal-soal tes. Agar apa yang dipelajari bisa dipahami dengan baik. “Ujian tulis itu sama halnya mengulang soal-soal yang pernah kita pelajari atau kerjakan. Mau nggak mau, harus belajar dan menentukan strategi. Jangan sampai jadi sakit bahkan lupa makan. Belajar sesuaikan dengan kapasitas energi kita,” tutur dosen Fakultas Sains dan Teknik Unigoro ini.

Universitas di Bojonegoro bisa menjadi second plan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Terlebih, Unigoro adalah kampus swasta terbaik se Jatim peringkat sebelas versi Google Trend.

Humas Unigoro, Sofia Aldania B., S.Tp., menerangkan, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unigoro jalur reguler tahun akademik 2024/2025 telah dibuka mulai 11 Maret 2024 hingga 26 Juli 2024. PMB jalur ini bisa diikuti pendaftar tanpa ada batasan tahun kelulusan. “Pendaftar bisa mengakses seluruh beasiswa dan bisa pilih prodi yang diinginkan. Biaya pendaftarannya terjangkau, hanya Rp 300 Ribu,” terangnya.

Unigoro memiliki sembilan prodi yang telah terakreditasi. Antara lain prodi hukum, administrasi publik, agribisnis, ekonomi pembangunan, manajemen ritel, teknik sipil, teknik industri, ilmu lingkungan, dan kimia. Ada banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa baru Unigoro. Mulai dari beasiswa KIP, prestasi, yayasan, influencer, prestasi, hafidz, keberagaman, serta kejuaraan Rektor Unigoro Cup. “PMB Unigoro dibuka setiap Senin hingga Jumat pukul 09.00 sampai 15.00 WIB di Gedung Rektorat Unigoro. Nanti akan dipandu oleh petugas UES (Unigoro Excellent Service).

Atau bisa daftar setiap saat di www.pmb.unigoro.ac.id . Cukup upload berkas-berkas pendaftaran seperti scan KTP atau KK, SKL (surat keterangan lulus) atau ijazah, bisa juga melampirkan rapor kelas XII, serta pas foto berwarna dalam format JPG, jelas Sofia.
Peserta PMB Unigoro jalur reguler wajib mengikuti tes kompetensi dasar akademik (TKDA) dan psikotes. Jika tidak lulus TKDA, peserta akan diberi kesempatan tiga kali untuk mengulang. (din/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.