Semarak Peragakan Jurus Tunggal IPSI di Rektor Unigoro Cup

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com — Riuh sorakan dan tepuk tangan penonton mengiringi pesilat-pesilat yang tampil memperagakan jurus tunggal IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Pertandingan cabor pencak silat Rektor Universitas Bojonegoro (Unigoro) Cup 2024 Se Jawa Timur hari kedua diawali dengan kategori seni. Para pesilat unjuk kebolehannya menggunakan parang dan tongkat.

Asisten Delegasi Teknik Rektor Unigoro Cup 2024, Sasmito Anggoro, menerangkan, setiap pesilat di kategori seni tunggal diberi waktu tiga menit untuk tampil di hadapan dewan juri. Mereka wajib memperagakan jurus tangan kosong, jurus parang, dan jurus tongkat.

“Penilaiannya berdasarkan wirama, wiraga, dan wirasa. Meskipun ini hanya peragaan jurus, tapi peserta harus menghayati setiap gerakan sekaligus ketepatan,” terangnya pada Kamis (7/3/24).

Meskipun peserta di kategori seni tidak sebanyak kategori tanding. Sasmito menilai jumlah peserta kategori seni pencak silat Rektor Unigoro Cup 2024 lebih banyak dibanding di kompetisi lainnya. “Lebih banyak yang minat di kategori tanding karena lebih mudah dapat medali. Tapi ternyata di Rektor Unigoro Cup ini peserta kategori seni lumayan banyak,” ungkapnya.

Di kategori seni ada empat kelas yang dilombakan. Seni solo kreatif, seni tunggal IPSI, seni ganda, dan seni beregu. Babak final kategori seni akan dilaksanakan pada Jumat (8/3/24) di Hall Suyitno Bojonegoro. (din/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.