Siap Sukseskan Angkutan Nataru 2023/2024, KAI Daop 8 Surabaya Lakukan Perawatan Rel KA di Daop 8 Surabaya

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – KAI Daop 8 Surabaya bertekad mensukseskan angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini dengan menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api dalam mengantarkan pelanggan ke tempat tujuan.

Upaya ini dilakukan dari berbagai sektor, baik dari sisi sarana maupun prasarana, yang salahsatunya adalah bagian Jalan Rel dan Jembatan (JJ) KAI Daop 8 Surabaya dengan melakukan perawatan jalan rel sesuai mitigasi potensi risiko dan profil masing-masing kepadatan tanah pada beberapa daerah.

Manager humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan KAI Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 km dan melintasi 11 kab/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi.

Untuk memastikan jalur KA tersebut aman, KAI Daop 8 Surabaya melakukan pemantauan dan perawatan kondisi jalur KA, secara berkala sesuai program untuk memastikan kondisi layak standar operasional berdasarkan ketentuan yang berlaku. Selain itu, pihaknya juga meyakinkan bahwa sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan KA.

Luqman Arif menunjukkan salah satu pekerjaan perawatan yang dilakukan oleh bagian JJ KAI Daop 8 Surabaya pada Senin (27/11), sedang melakukan perawatan jalur rel di km11+5/6, petak jalan Stasiun Wonokromo – Stasiun Waru. “Pekerjaan perawatan jalur rel ini dilakukan setiap hari di seluruh wilayah KAI Daop 8 Surabaya,” jelasnya.

Perawatan ini meliputi pengukuran lebar jalur rel, angkat listring, penggantian maupun pengisian batu ballast, hingga penggantian bantalan rel. Dan selama proses perawatan jalur rel ini, tidak akan menimbulkan dampak terhadap waktu tempuh perjalanan KA.

*Update Penjualan Tiket Nataru 2023-2024 di KAI Daop 8 Surabaya*

Menyambut masa angkutan Nataru 2023-2024 ini, KAI Daop 8 Surabaya telah mencatat sebanyak 81.528 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual atau 20% dari tiket yang disediakan yakni 407.642 tiket untuk periode Nataru ini.

“Jumlah ini tentu akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung. Relasi favorit sejauh ini yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember, Banyuwangi, dan lainnya,” tambahnya.

KAI Daop 8 Surabaya berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. Adapun perjalanan KA yang masuk 3 Besar dalam okupansi yang telah dipesan yakni :
1. KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng – Ketapang PP;
2. KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP;
3. KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng tujuan Ketapang dan Lempuyangan PP;

Untuk tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan diantaranya :
1. Tanggal 23 Desember 2023 : 33%, terjual 7.527 tiket;
2. Tanggal 22 Desember 2023 : 32%, terjual 7.360 tiket;
3. Tanggal 26 Desember 2023 : 26%, terjual 5.905 tiket.

“Bagi masyarakat yang akan menikmati libur Nataru menggunakan Kereta Api, KAI masih menyediakan tempat duduk pada tanggal alternatif lainnya. Dan kami himbau untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan,” pungkasnya. (Put/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.