Dosen Unigoro Terima Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com — Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar penandatanganan kontrak penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pendanaan internal tahun akademik 2023/2024, pada Rabu (11/10/2023). Sebanyak 51 proposal penelitian dan 22 proposal pengabdian masyarakat yang diusulkan berhak menerima pendanaan hibah internal tersebut.

Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Dr. Arief Januwarso mengatakan, pihaknya senantiasa mendorong dosen-dosen Unigoro untuk terus melakukan penelitian dan pengabdian. Karena dua hal tersebut berdampak terhadap ranking universitas di Webometrics, Unirank, serta Edurank. “Untuk menaikkan ranking Unigoro saat ini, kami berusaha meningkatkan kualitas dan kompetisi antar dosen untuk memaksimalkan job desk mereka sesuai tri dharma perguruan tinggi. Yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” terangnya.

Ketua LPPM Unigoro, Laily Agustina R., S.Si., M.Sc., mengapresiasi para ketua program studi (kaprodi) yang senantiasa memotivasi dosen-dosennya untuk mengajukan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat. “Memang setiap dosen harus di-push agar meningkatkan produktivitas penelitian dan pengabdiannya. Karena dua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perankingan Unigoro,” imbuhnya.

Ada tiga prodi yang terhitung aktif mengajukan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat. Yakni prodi teknik industri, kimia, dan manajemen ritel. Kaprodi teknik industri Unigoro, Eko Wahyu Abryandoko, S.Pd., MT., mengungkapkan, dosen-dosen yang masih tergolong usia produktif didorong untuk berkompetisi menaikkan tingkatan akreditasi jurnal SINTA. Hal senada juga disampaikan oleh kaprodi manajemen ritel Unigoro, Kustaji, SE., MM. Akademisi asal Kecamatan Kapas ini menilai, pressure akreditasi turut mempengaruhi seberapa aktif para dosen mengajukan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Untuk kebutuhan akreditasi memang begitu syaratnya. Tapi di samping itu, manajemen ritel juga berambisi menjadi the leading prodi di Unigoro,” ucapnya. (din/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.