Seminar Nasional Teknik Sipil Sintesi 2023, Rektor Unigoro: Desain Ramah Lingkungan Dorong Konsep Berkesinambungan “Green Building Sustainable Construciton”

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Teknik Sipil Unigoro menyelenggarakan seminar nasional dan call paper yang bertajuk “Inovasi Teknologi Untuk Mencapai Sustainable Construction”.  Telah hadir dalam acara tesebut Ketua Yayasan Suyitno Dr. Arief Junaarso, S,Sos., M.Si, Rektor Unigoro, Dekan Saintek dan Keynote Speaker Prof Dr. Indarto, S.TP, DEA, IPU. Guru besar Universitas Negeri Jember. Senin, (28/8/2023).

Seminar Nasional Sintesi mengulik bagaimana membangun suatu konstruksi yang ramah lingkungan, dan canggih. Ruang hijau terbukti mendukung kehidupan memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan yang lebih bahagia, sehat, sejahtera dan produktif. Dalam kesempatannya, Prof Indarto menyampaikan materi terkait Penginderaan Jauh dan GIS untuk mendukung pembangunan berkelanjutan prinsip aplikasi dan prospektif. Beliau menyinggung bagaimana peran teknologi sangat membantu seperti halnya teknologi remote sensing yang mengukur jarak jauh tanpa menentuh objek sehingga hal ini lebihe fektif, efisien dan biaya murah.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor Universitas Bojonegoro, Dr. Tri Astuti Handayani, S.H. M.M, M.Hum dalam sambutannya membahas pentingnya sustainable construcion sebagai tantangan dan tanggungjawab bersama agar dapat tercapai secara berkelanjutan.

“Menciptakan konsep lingkungan sumber daya alam yang efisien dan desain sumber daya lingkungan sekitarnya green building sustainable construction yang disesuaikan dengan alam sekitarnya yang hijau,” Ucap Dr. Tri Astuti saat memberikan sambutan.

Rektor Unigoro menekankan kembali Visi Unigoro yaitu “Menjadi Universitas Yang Unggul Dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia Yang Inovatif dan Kompetitif di Tataran Nasional Pada Tahun 2023”. Fakultas saintek berlomba-lomba untuk lulusan yang unggul dan berkualitas dan ikut dalam pembangunan yang ada di Indonesia.

“Bangunan yang tidak merusak untuk generasi selanjutnya sebagai konsep yang menciptakan lingkungan yang nyaman berdasarkan efisiensi sumber daya alam. Desain yang ramah lingkungan termasuk konsep berkesinambungan dalam konsep green building,” Ucap Ir. Zainudin Selaku Dekan Saintek.

Acara seminar nasional tersebut merupakan acara puncak dari serangkaian perlombaan Civil Week 2023 yang telah diselenggarakan oleh Teknik Sipil, yaitu Lomba Balsa Bridge Competition 2023 SMA Sederajat Civil Engineering Week 2023 bertemakan “Kontribusi Gen Z Di Era Industri 5.0 Dalam Mewujudkan Sustainable Construction”. Pemberian hadiah secara langsung bagi para pemenang Juara 1 Tim Pattimura berasal dari SMKN 2 Bojonegoro; Juara 2 Tim Joyostemb berasar dari SMKN 5 Surabaya; dan Juara 3 Tim CBS berasal dari SMKN 5 Surabaya.

Selain itu terdapat lomba lain yang diadakan dengan tema yang sama terkait Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Civil Engineering Week 2023 SMA Sederajata Se-Jawa Timur. Adapun pemenangnya diraih oleh Juara 1 SMKN 3 Bojonegoro: Davi Affandi dan Ahmad Jeni Kurniawan; Juara 2 SMAN 1 Kalitidu: Ilham Aditya Nugraha dan Raraditha Setya Fizabilillah; Juara 3 SMAN Model Terpadu Bojonegoro: Rara Adistya Hanum. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.