MERDEKA YANG BELUM MERDEKA ?

oleh -

Oleh : Drs. Sholikin Jamik, SH. MH.

SuaraBojonegoro.com  Arti merdeka dalam bahasa Indonesia adalah bebas atau lepas dari penjajahan atau kendali. Dalam konteks sejarah Indonesia, kata merdeka sangat terkait dengan perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan dari penjajahan Belanda pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan tersebut memungkinkan rakyat Indonesia untuk mengatur negara mereka sendiri dengan bebas dan mandiri. Istilah merdeka juga sering digunakan dalam konteks kebebasan individu atau suatu negara untuk bebas mengambil keputusan, mengungkapkan pendapat, atau melakukan tindakan tanpa ada tekanan atau kontrol dari pihak lain.

Hari ini negara RI Merayakan hari kemerdekaan ke 78 (18 Agustus 1945 -18 agustus 2023), akal sehat warga negara selalu berfikir di saat memperingati hari kemerdekan, apakah kita benar-benar sudah merdeka ?
Makna merdeka yang sesungguhnya adalah kebebasan untuk memiliki hak dan hak-hak dasar sebagai manusia, seperti kebebasan berpendapat, berkumpul, beragama, dan berbuat sesuai dengan kehendaknya sendiri selama tidak melanggar hukum dan hak orang lain., benarkah hari ini kita sudah benar- benar merdeka ?
Merdeka juga berarti tidak adanya penindasan, dominasi, atau ketergantungan terhadap pihak lain. Apakah hari ini kita sudah merdeka dalam makna yang sebenarnya ?
Lebih dari itu, makna merdeka yang sesungguhnya juga mencakup kesadaran dan tanggung jawab kita sebagai warga negara untuk menjaga, mempertahankan, dan memperjuangkan nilai-nilai demokrasi, keadilan, persamaan, dan kebebasan bagi semua orang. Sudahkan kita merdeka ?
Merdeka juga berarti dapat mengambil keputusan secara mandiri, memiliki kesempatan dan akses yang sama dalam segala aspek kehidupan, serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi pribadi dan kemasyarakatan.

Makna merdeka yang sesungguhnya juga melibatkan kesadaran kolektif akan pentingnya toleransi, menghormati perbedaan, menghargai hak asasi manusia, dan mempromosikan perdamaian serta keadilan sosial di dalam masyarakat.

Merdeka bukan hanya sekadar kebebasan individu, tetapi juga kemandirian dan keadilan bagi semua orang, tanpa memandang suku, ras, agama, jenis kelamin, atau latar belakang lainnya.

Secara keseluruhan, makna merdeka yang sesungguhnya adalah kebebasan yang diiringi dengan tanggung jawab dan kewajiban untuk menciptakan masyarakat yang adil, berpegang kepada nilai-nilai kebebasan, dan menghormati hak-hak asasi manusia. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.