FKUB Bojonegoro Serukan Tangkal Radikalisme dan Anti Kekerasan

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Polres Bojonegoro Polda Jatim melalui Wakapolres, Kompol David Manurung, SE, SIK, MH menghadiri Seruan Moral Bojonegoro Guyup Rukun dan Damai yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bojonegoro bertempat di halaman kantor FKUB jalan Trunojoyo Kecamatan Kota Bojonegoro, Senin(19/12/2022).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati(Wabup), Drs. H. Budi Irawanto, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0813/Bojonegoro, Mayor Inf I Putu Gede Widarta, Kasi Intel Kejaksaan Negeri(Kejari), Reza Aditya, Kepala Pengadilan Negeri(PN), Ahmad Bukhori, Kepala Bakorwil II, Agung Subagyo, Sekda Bojonegoro, Dra. Nurul Azizah, Kepala Kemenag Bojonegoro, Munir, Kepala Bakesbangpol, Mahmudi, Ketua FKUB, KH. Alamul Huda,Ketua PC NU, dr. Kholik Ubed, Ketua Muhammadiyah Bojonegoro, H. Suwito, Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag), Pendeta Iwan Sukmono, Ketua Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) Wahyu Subakdino, pengurus Klenteng Hok Swie Bio, Santoso dan perwakilan ormas keagamaan, kepemudaan dan akademisi.

Dalam sambutannya, Ketua FKUB Bojonegoro, KH. Alamul Huda mengatakan kegiatan Seruan Moral Bojonegoro Guyub Rukun dan Damai melalui FKUB Bojonegoro mempunyai komitmen untuk selalu bersama untuk menciptakan perdamaian. Upaya dalam mewujudkan perdamaian di Kabupaten Bojonegoro dengan menghormati segala bentuk kerja keras para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).

“Selama FKUB Bojonegoro berdiri pada tahun 2001 dapat menciptakan komunikasi intens, memiliki hubungan yang harmonis pada internal, dapat menyelesaikan segala bentuk permasalahan yang bersangkutan dengan agama dengan baik,” ucap Ketua FKUB disela-sela sambutannya.

Lanjut KH. Alamul Huda, untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif menjelang perayaan Natal 2022, untuk senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama. Perbedaan pendapat merupakan hal yang biasa akan tetapi tetap terjaga silaturahmi yang baik.

“Kita akan terus bersinergi dan bermitra bersama jajaran Forkopimda Bojonegoro dan menyampaikan kepada masyarakat tentang hal-hal yang baik, agar kerukunan dan keamanan terus terjaga khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro,” tutup Gus Huda panggilan akrabnya.

Kemudian, sambutan Wabup Bojonegoro, Budi Irawanto menyampaikan mari bersama-sama menjaga kerukunan umat beragama, menjaga keamanan situasi diwilayah Kabupaten Bojonegoro. Menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 agar sekiranya dirayakan dengan sederhana tapi penuh makna, dengan terciptanya situasi yang aman dan kondusif merupakan turut serta partisipasi kita semua dalam membantu pemerintah.

“Harapannya situasi Bojonegoro aman, damai dan kondusif,” tutup Wabup, Budi Irawanto.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembacaan Seruan Moral Bojonegoro Guyup Rukun dan Damai dari Paguyuban Umat Beragama (PUB) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Terpisah, Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, SH, SIK, M.Si melalui Wakapolres, Kompol David Manurung mengatakan bahwa Polres Bojonegoro mengapresiasi adanya kegiatan Seruan Moral Bojonegoro Guyup Rukun dan Damai dari Paguyuban Umat Beragama (PUB) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bojonegoro. Hal positif dari kerukunan umat beragama yakni sikap saling menghormati, saling tolong menolong tanpa membedakan suku, agama dan ras sudah berjalan di Kabupaten Bojonegoro. Jangan sampai paham radikalisme dan intoleransi tumbuh di Kabupaten Bojonegoro, karena kedua paham tersebut bentuk pengingkaran terhadap kebinekaan dan bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila maupun norma-norma agama yang beradab.

Masih menurut Wakapolres, menjelang Natal dan Tahun Baru, jajaran Polres Bojonegoro siap mengamankan rumah-rumah ibadah, gereja dan pergantian tahun dengan maksimal.

“Mari bersama-sama menjaga Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Bojonegoro menjelang Natal dan Tahun Baru. Harapannya situasi Bojonegoro aman, damai dan kondusif, tidak ada kejadian yang menonjol. Apabila ada permasalahan silakan menggunakan aplikasi nomor whatsapp “Matur Pak Kapolres, Matur Pak Kapolsek dan Matur Pak Bhabin” untuk ditindaklanjuti,” pungkas David Manurung. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.