Tips Memilih Ikat Pinggang untuk para Pria

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Bagi pria, ikat pinggang merupakan salah satu item penting untuk menunjang penampilan. Pemakaian ikat pinggang membuat tampilan bawah akan semakin menarik.

Walau terkesan sepele, bukan berarti Anda dapat memilih ikat pinggang sembarangan. Faktor ukuran, bahan, dan dapat digunakan sehari-hari dapat menjadi pertimbangan. SIngkatnya, memilih ikat pinggang pria bisa sama susahnya dengan memilih kemeja.

Cara memilih ikat pinggang pria
Ada berbagai cara untuk memilih Ikat Pinggang Pria  yang perlu Anda perhatikan. Terutama ketika Anda ingin memiliki ikat pinggang yang cocok untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja ataupun bersosialisasi.

Maka dari itu, Anda dapat menyimak cara memilih ikat pinggang berikut ini agar Anda menjadi pria yang menarik.

1. Pilihlah ikat pinggang yang terbuat dari kulit asli
Cara termudah mencari ikat pinggang berbahan kulit adalah melihat label pada ikat pinggang. Bahan kulit asli memiliki label khusus biasanya memiliki simbol kulit sapi yang terbentangkan. Untuk beberapa merek telah menuliskan “Genuine Leather” pada label untuk menginformasikan produk tersebut memakai bahan kulit asli.

Memperhatikan label khusus dapat membantu Anda membedakan ikat pinggang kulit asli dengan sintetis. Terkadang, ikat pinggang kulit sintetis mampu mengecoh pembeli karena sekilas mirip dengan kulit asli. Harganya pun hampir sama sehingga tidak terlihat perbedaannya.

Ikat pinggang sintetis memiliki kelemahan yaitu tidak seawet kulit asli. Untuk itu, Anda perlu cermat membeli dalam memilih ikat pinggang. Kulit asli memiliki kerutan dan pori-pori pada permukaan. Sementara kulit sintetis memiliki permukaan yang lebih lembut dan halus.

Dari segi aroma, ikat pinggang kulit asli memiliki aroma khas kulit. Kalau kulit sintetis biasanya berbau plastik maupun lem.

2. Perhatikan jahitan yang ada di sekitar ikat pinggang
Biasanya, ikat pinggang memiliki jahitan pada bagian tepi. Fungsi jahitan tersebut untuk menyatukan bagian depan dan belakang ikat pinggang. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan kualitas jahitannya saat mencari ikat pinggang kulit.

Perhatikan benang yang digunakan apakah tidak terlalu tebal dan jahitannya rapi. Benang yang terlalu tebal dapat membuat lapisan bahan kulit menjadi kendur karena daya yang dibebankan terlalu kuat. Bahan kulit memasang fleksibel sehingga perlu memperhatikan benang halus.

Ada beberapa ikat pinggang kulit pun tidak menggunakan jahitan.Ikat pinggang ini terbuat dari lembaran kulit yang sudah diolah dan dipotong langsung dipotong.

Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penampilan . Ikat pinggang tanpa jahitan cocok untuk casual. Sementara tampilan formal lebih sesuai dengan ikat pinggang dengan jahitan.

3. Perhatikan pemilihan gesper dan motif ikat pinggang
Banyak jenis variasi gesper untuk ikat pinggang kulit di pasaran.

Apabila Anda mencari ikat pinggang kulit untuk berbagai kegiatan, pilihlah ikat pinggang denga gesper minimalis merupakan pilihan yang paling tepat. Gesper minimalis lebih mudah dipadukan dengan berbagai setelah dan tidak terlalu mencolok di hadapan publik.

Ikat pinggang tanpa motif pun perlu masuk pertimbangan Anda ketika ingin mencari ikat pinggang yang bisa dipadukan dengan berbagai jenis outfit.

Apabila Anda sudah punya ikat pinggang kulit polos dan masih meninggalkan ikat pinggang bermotif untuk outfit kasial, ikat pinggang kulit model braider dapat masuk pertimbangan.

4. Pilih ikat pinggang yang sesuai dengan warna sepatu
Sebenarnya, hal paling mendasar dalam memilih ikat pinggang adalah menyesuaikan dengan warna sepatu. Cara ini ini berlaku untuk berbagai kegiatan baik acara formal maupun informal.

Namun, apabila Anda tidak memakai sepatu kulit maka dapat menyamakan dengan stapt kulit pada jam tangan. Tetapi apabila Anda tidak memakai sepatu kulit dan jam tangan strap kulit, maka ikat pinggang berwarna hitam adalah pilihan aman karena masuk warna netral.

Sebagai contoh, Anda dapat memilih ikat pinggang berwarna hitam jika menggunakan sepatu berwarna hitam. Hal ini akan membuat tampilan Anda akan terlihat serasi dan pas.

5. Pilih ukuran ikat pinggang yang sesuai dengan ukuran pinggang Anda
Dalam mencari ikat pinggang, pastikan Anda tidak memilih ikat pinggang yang tidak terlalu panjang. Cara mudah untuk mengukurnya adalah ujung ikat pinggang maksimal hanya sampai ke ujung lubang ikat pinggang kedua pada celana yang dikenakan.

Semenatra untuk lebar, Anda perlu memilih ikat pinggang yang sesuai dengan kebutuhan pakaian yang dikenakan. Ukuran lebar ikat pinggang pada pakaian formal mulai dari 2,5 cm sampai 3,5 cm. Sedangkan pakaian kasual para ukuran 3,5 cm sampai 4,5 cm.

6. Pilih ikat pinggang dengan ukuran satu tingkat di atas ukuran celana.

Ukuran ikat pinggang yang Anda pilih wajib memilih satu nomor di atas ukuran celana. Mengapa demikian? Ikat pinggang yang dikenakan jauh lebih panjang agar mendapatkan ukuran yang pas ketika dikencangkan.

Ikat pinggang minimal harus mampu melewati belt loop. Masalah lain dari ikat pinggang ebih panjang, adalah ada bagian yang terjuntai begitu saja. Oleh sebab itu, bagian tersebut dapat Anda sembunyikan ke arah yang berlawanan. Tujuannya supaya penampilan Anda makin rapi.

Semoga cara ini dapat membantu Anda mendapatkan ikat pinggang yang sesuai keinginan dan kebutuhan. Temukan semua jenis ikat pinggang pria hanya di Blibli. (Red/sbc)

No More Posts Available.

No more pages to load.