Di Desa Ini Dari 3 Bakal Calon Kades Hanya 2 Calon Yang Ditetapkan

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com  Sebanyak 33 Desa se-kabupaten Bojonegoro di 21 Kecamatan secara serentak menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Dari data yang dihimpun saat ini Panitia Pelaksana Pilkades secara serentak melaksanakan tahapan penetapan sekaligus penomoran terhadap calon kepala desa. Kamis (13/10/22).

Desa Semanding, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, merupakan 1 dari 33 Desa yang akan menggelar Pilkades pada tanggal 26 Oktober 2022.

“Pelaksanaan pemilihan 26 Oktober 2022,” kata Suharto selaku Ketua Panitia Pilkades Desa Semanding, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro.

Dari data yang dihimpun terdapat 3 bakal calon kepala desa. Akan tetapi menjelang penetapan bakal calon, hanya 2 calon yang ditetapkan sebagai calon sah. Hal ini disebabkan 1 bakal calon berhalangan tetap.

“1 bakal calon meninggal dunia, sehingga pada tahapan penetapan saat ini panitia hanya menetapkan dua orang calon kades yang akan menjadi peserta dalam Pilkades di desa Semanding,” tambahnya.

Dalam hal ini dirinya menegaskan jika tahapan Pilkades di Desa Semanding telah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan berjalan normal. Sekaligus dalam hal ini panitia pelaksana telah membentuk panitia pembantu yang akan diberikan diberikan pelatihan.

“Pada intinya, Pilkades di Desa Semanding semua tahapan tetap berjalan normal, tetapi calon Kades yang ditetapkan hanya dua orang,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Semanding mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berjibaku dan fokus dalam pelaksanaan seluruh tahapan Pilkades.

“Semoga seluruh tahapan hingga pemungutan Pilkades dan setelahnya tetap berjalan secara baik, aman, dan lancar,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Bojonegoro Kota, Mochlisin Andi Irawan, S.STP, MM, menyampaikan bahwa pemilihan kepala desa yang berlangsung setiap enam tahunan ini merupakan pesta demokrasi di tingkat desa guna menentukan pemimpin sesuai pilihan masyarakat.

“Desa Semanding adalah desa yang sangat menjaga kerukunan, sehingga sangat diharapkan dapat saling menjaga kondusifitas lingkungan pra sampai pasca pemilihan kepala desa,” pintanya.

“Hari ini tahap penetapan, dari tiga Bakal calon yang mendaftar ada satu yang berhalangan tetap, maka yang ditetapkan hanya dua orang. Oleh karenanya, seluruh tahapan Pilkades secara teknis akan disampaikan panitia, dan seluruh tokoh masyarakat diharapkan dapat membantu mensosialisasikan kepada warga-warga yang lain,” pungkas Camat Bojonegoro. (Bim/red).

 

No More Posts Available.

No more pages to load.