Rangkaian HPN 2022, SMSI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi dan Edukasi Media

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar Seminar Literasi Media dan Jurnalistik bagi Mahasiswa, Pemerintah, dan Masyarakat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Gedung Universitas Bojonegoro (Unigoro) yang beralamat di jalan Lettu Suyitno, Desa Kalirejo, Kec/Kab. Bojonegoro.

Dihadiri Bupati Bojonegoro yang dalam hal ini diwakilkan staf ahli Dandy Suprayitno, Dandim 0813 yang diwakilkan Pasi Intel Kodim Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro yang diwakilkan Kasi Humas Polres Bojonegoro, Rektor Unigoro, ketua SMSI Jatim, ketua beserta pengurus SMSI Kabupaten Bojonegoro, serta ratusan peserta seminar.

Mengawali kegiatan, Ketua SMSI Kabupaten Bojonegoro Sasmito Anggoro menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan seminar literasi media dan jurnalistik, meski hingga saat ini kondisi pandemi Covid-19 masih berkecamuk.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HPN tahun 2022, sebagai tindak lanjut serta kepedulian media terhadap perkembangan informasi di era digitalisasi. Sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat akan arti dan pentingnya media sebagai fungsi kontrol.

“Kita harus dapat membedakan mana berita/informasi yang benar, dan mana yang hoax. Sebab perusahaan media online hingga saat masih sangat menjaga marwah karya jurnalistik, agar dapat menyuguhkan informasi yang berkualitas dan mendidik,” ujarnya.

“Dengan membaca secara benar, maka kita dapat menemukan hasil karya jurnalistik yang berkualitas dan mendidik,” imbuhnya.

Sementara itu, wakil Rektor Unigoro Ir. Nur Johar, M.M, saat memberikan sambutan mengungkapkan bahwa kegiatan seminar literasi media dan jurnalistik seperti ini sangat penting. Menurutnya, melalui kegiatan semacam ini, sehingga dapat menggerakkan dan meningkatkan minat baca dan menulis bagi masyarakat.

“Seminar ini sangat penting untuk menumbuhkan minta baca dan tulis, khususnya bagi yang berada di dunia pendidikan,” jelasnya.

Ia berpesan kepada seluruh peserta, agar mengikuti secara serius kegiatan seminar ini mulai dari awal hingga akhir. Semoga dapat memberikan nilai tambah serta hasil yang maksimal terlebih kepada seluruh mahasiswa.

Di akhir, sebelum membuka secara resmi kegiatan seminar, Dandy Suprayitno yang mewakili Bupati Bojonegoro mengucapkan selamat hari pers nasional kepada seluruh insan pers yang berada di Kabupaten Bojonegoro.

Dikatakan, seminar literasi media dan jurnalistik dengan narasumber yang sangat berkompeten saat ini sangat penting. Selain menambah pengetahuan, sekaligus juga dapat mentransformasi ilmu. “Sebab literasi ini adalah salah satu fundamental dari proses kehidupan, dan sebagai dasar utama dalam meraih kesuksesan,” tuturnya.

“Di dalam ajaran agama islam sendiri juga, perintah Allah Swt, telah disampaikan kata ‘iqra’ yang artinya yaitu bacalah,” ucap Dandy.

Ia juga mengungkapkan rasa bangga terhadap SMSI, dan berharap agar terus berkarya secara baik dengan memberikan informasi yang mendidik kepada masyarakat. “Teruslah berkarya, jadilah pejuang dan agent of change (baca: agen perubahan)”.

“Dengan bacaan bismillahirrahmanirrahiim, seminar literasi media dan jurnalistik bagi mahasiswa, pemerintah, dan masyarakat secara resmi saya nyatakan dibuka,” tutup Dandy Suprayitno. (Red/Rum)

No More Posts Available.

No more pages to load.