KUA Sumberejo Gelar Rakor Moderasi Beragama

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Bertempat di kantor PC Muhammadiyah Sumberejo, KUA Bojonegoro bekerja sama dengan MUI Bojonegoro menyelenggarakan kegiaran Rakor Keagamaan Moderasi Beragama. Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Sumberejo beserta jajaran Forkopimcam Sumberejo, Kepala Kemenag Bojonegoro, Ketua MUI Bojonegoro, segenap tokoh agama dan pimpinan lembaga keagamaan di kecamatan Sumberejo dan jajaran Pengawas madrasah/PAIS kecamatan Sumberejo. Rabu (23/2/2022).

Kepala KUA Sumberejo, H. Ali Musthofa, S.Ag, M.HI, menyampaikan bahwa acara Rakor Moderasi Beragama ini merupakan agenda tahunan, dan tahun ini merupakan rakor kedua yang dilaksnakaan dengan tujuan meningkatkan ukhuwah Islamiyah, harmonisasi, sinergi dan kolaborasi kelembagaan.

Acara dibuka secara resmi oleh Camat Sumberejo, Gunardi
Selanjutnya paparan materi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, bapak Munir, S.Ag, M.Ag. Dalam paparannya, Kepala Kemenag menyampaikan bahwa diantara tujuh prioritas kebijakan Kementerian Agama, yang pertama adalah moderasi beragama. Ada 4 indikator moderasi beragama, yaitu tentang Penguatan komitmen kebangsaan, Mengedepankan anti kekerasan, Toleransi kepada sesama dan Menghormati kearifan lokal.

Selanjutnya materi disampaikan oleh Ketua MUI sekaligus ketua FKUB Bojonegoro, KH Alamul Huda atau yang biasa dipanggil Gus Huda. Dalam sambutannya, Gus Huda sangat mengapresiasi kegiatan rakor moderasi beragama ini karena dapat merajut dan menguatkan karakter kebangsaan dan NKRI.

“Kami berharap dengan terlibatnya seluruh komponen keagamaan di kecamatan Sumberejo, maka dapat menjadikan Sumberejo sebagai miniatur moderasi beragama di Bojonegoro,” ujar Gus Huda.

Dalam konteks moderasi beragama, tantangan umat Islam di Indonesia saat ini adalah bagaimana memandang negara ini dlm 1 visi, yaitu: NKRI dan tidak merasa paling benar dalam beragama.

Acara dilanjutkan dengan sesi dialog dan tanya jawab. Dan di akhir dialog, disampaikan oleh Danramil Sumberejo bahwa desa Sumberejo sedang dalam proses menuju Kampung Pancasila. (Wib/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.