Bendungan Gongseng Mulai Dibangun Era Bupati Suyoto Selesai Era Bupati Anna, Diresmikan Jokowi

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com –  Bendungan Gongseng yang terletak di Kabupaten Bojonegoro yang mulai dibangun saat era Bupati Suyoto, secara virtual diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, dan sekaligus Peresmian dua Bendungan yang dilaksanakan di Bendungan Tugu yang terletak di Desa Nglinggis, Kec. Tugu, Kab. Trenggalek, Selasa, (30/11). Dan dihadiri oleh Bupati Bojonegoro Anna Muawanah.

Dalama sambutannya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan rasa syukur telah diselesaikannya pembangunan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng. Dengan bertambahnya 2 bendungan tersebut, keduanya telah siap dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan.

Bendungan Gongseng yang dibangun pada 2013-2021 memiliki daya tampung 22,43 juta meter kubik dan tampungan efektif 14,75 juta meter kubik dengan luas genangan 390,6 hektare dan mampu mereduksi banjir hingga 121,18meter kubik per detik.

Selain itu, Bendungan Gongseng juga memiliki manfaat penyediaan air baku 300 liter per detik bagi 120.000 jiwa di 4 Kecamatan, dan Waduk ini juga akan berikan layanan irigasi di Pacal untuk 6 kecamatan, Sumberejo, Kanor, Balen, Kepohbaru, Baureno. Selanjutnya diharapkan bisa mengairi lahan seluas 6.200 hektare.

Dengan kapasitas daya tampung Bendungan Gongseng, sesuai harapan Presiden RI, dapat meningkatkan produktivitas di sektor pertanian. “Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini aktivitas pertanian masyarakat akan makin meningkat, petani makin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat,” terang Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam acara peresmian tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.