Mahasiswa KKN dari UNS Berikan Pelatihan Bertaman Secara Hidroponik

oleh -
oleh

Reporter : Ciprut Laela

SuaraBojonegoro.com – Sebanyak 10 orang perwakilan dari kelompok ibu PKK dari Desa Sukowati Kecamtan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, mendapatkan pelatihan bertanam secara hidroponik. Pelatihan ini diadakan oleh para mahasiswa dari UNS yang melakukan KKN melalui Balai Desa Sukowati.

Pelatihan dilakukan pada Selasa (31/08/2021) yang bertempat di halaman balai Desa Sukowati, ini dilatarbelakangi antusiasme warga ibu-ibu PKK yang ingin memajukan desanya.

Endri Amik Rohadi selaku Ketua Tim Pengeraj PKK Desa Sukowati menjelaskan, para mahasiswa dari UNS ini siap memberikan pelatihan untuk warga yang membutuhkan, kegiatan ini terlaksana dengan lancar dan sukses karna dengan bantuan partisipasi para ibu-ibu PKK yang ingin belajar.

“Saya sangat mengapresiasi kepada para adik-adik KKN ini, berkat bantuan adek-adek mahasiswa ini kami para ibu-ibu PKK dapat berlatih berbagai hal, yang dapat membuat ladang jalan rejeki para ibu-ibu serta bapak-bapak rumah tangga,” Jelas Istri Kades ini.

Dipihak lain Awdy Paramadan Tashadini selaku Ketua kelompok KKN berharap pada peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Ia melanjutkan, setelah tanam hidroponik tersebut berhasil dan siap panen, pihaknya akan bantu untuk bagai mana cara untuk berjualan secara online, dan promosi di media sosial.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini berupa teori dan pratik, teori yang diberikan adalah pengantar atau pengenalan hidroponik seperti manfaat budidaya secara hidroponik, pengenalan alat, dan bahan hidroponik.

“Lalu ada juga macam-macam sistem hidroponik dari yang sederhana sampai bentuk instalasi meracik dan mencampur nutrisi hidroponik, pengendalian hama terpadu dan packaging,” Ujar Awdi.

Sedangkan praktiknya, antara lain penyemaian, meracik dan mencampur nutrisi, pembuatan sistem hidroponik wick system, pembuatan instalasi penyemaian, pembuatan instalasi peremajaan, serta packaging.

Disisi lain Rini salah satu peserta pelatihan mengungkapkan, setelah ini saya akan langsung praktik di rumah membuat hidroponik ini. Saya suka bertanam di rumah, dan dalam pelatihan ini dirinya juga di beri tanaman mint dan seledri yang merupakan tanaman hasil budidaya hidroponik. Tanaman tersebut bisa langsung ditanam menggunakan cara hidroponik sederhana, yakni menggunakan media wadah sterofoam yang ikut dibagikan bersama tanaman mint tersebut. (Prut/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.