Bersama Dinas Kesehatan, TMMD 110 Gelar Posbindu PTM

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Bertempat di Balai Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Dinas Kesehatan Pemkab Bojonegoro yang bekerjasama dengan Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 110, Kodim 0813/Bojonegoro menggelar Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu – Penyakit Tidak Menular), Kamis (25/3/2021).

Kegiatan Posbindu PTM ini dihadiri oleh Pihak Puskesmas Tambakrejo, Tim Kesehatan Jatimulyo, Danki Satgas TMMD 110 Lettu Marinir Hendyk, Kades Jatimulyo, Koso dan Nara sumber kegiatan yaitu dr l. Nina Erliana selaku kabid P2 PTM Dinkes Pemkab Bojonegoro.

Dalam paparannya, dr. Nina Erlina menuturkan bahwa Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang sering tidak terdeteksi karena tidak ada gejala maupun keluhan, seperti hipertensi, diabetes, atau gangguan jiwa.

“Biasanya ditemukan dalam tahap lanjut sehingga sulit disembuhkan dan berakhir dengan kecacatan atau kematian dini,” Ungkap dr. Nina Etlina.

Disampaikan pula bahwa Hal ini menimbulkan beban pembiayaan yang besar bagi penderita, keluarga dan negara. PTM dapat dicegah melalui pengendalian faktor risiko, yaitu merokok, kurang aktifitas fisik, diet yang tidak sehat, dan konsumsi alkohol.

Peningkatan kesadaran, dan kepedulian masyarakat terhadap faktor risiko PTM sangat penting dalam pengendalian PTM (Kemenkes RI, 2009). Pemberdayaan dan peran serta masyarakat ini terwadahi dalam pelayanan  yang dikenal dengan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) PTM.

Sementara itu, Danki Satgas TMMD Lettu Marinir Hendyk dihadapan sekitar 50 warga masyarakat Jatimulyo menjelaskan bahwa Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM.

“Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu deng an kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM,” Jelas Lettu Marinir Hendyk.

Dengan program TMMD 110 yang menyelenggarakan ini adalah Salah satu upaya untuk meningkatkan tujuan pelayanan Posbindu PTM ini.

Kades Koso dihadapan para hadirin menyampaikan bahwa pihaknya snagat berterima kasih atas kegiatan Pobindu PTM di Desanya melalui program TMMD ke 110, sebagai bentuk upaya sosialisasi Posbindu sekaligus pembinaan Posbindu berupa kegiatan lomba Posbindu.

Pihaknya juga menyampaikan adapaun Keluaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah untuk mendapatkan data yang valid dan relevan. “Dengan didapatkannya data yang valid maka diharapkan mendapatkan gambaran riil kondisi posbindu dengan capaian kegiatannya,” ujarnya.

Semoga dengan adanya Posbindu PTM ini akan dapat menanggulangi keluhan penyakit masyarakat di Desanya, dan memberikan banyak solusi masyarakat Desa Jatimulyo menuju sehat.  (Red/Sas)

No More Posts Available.

No more pages to load.