GOOGLE FOR EDUCATION SOLUSI BELAJAR DIMASA PANDEMI

oleh -

Oleh: Said Edy Wibowo*)

SuaraBojonegoro.com – Pandemi virus Corona makin menggila dan memaksa seluruh sektor negara untuk berhenti beroperasi khususnya pendidikan, Negara kita tercinta Indonesia yang saat ini terus menerus mengalami peningkatan kasus positif Corona mengharuskan pengalihan sistem pendidikan yang sebelumnya tatap muka 50 % peserta didik kembali menjadi daring/online.

Pada kegiatan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara normal di beberapa daerah atau zona di Indonesia belum bisa dilaksanakan secara tatap muka sehingga alternatif belajar harus melalui daring atau online pun digunakan untuk memberlakukan proses KBM tetap berlangsung.

Salah satu alternatif belajar online adalah dengan menggunakan produk Google dalam hal ini adalah G Suite For Educatioan salah satu platfrom Google Education adalah Google Classroom. Google Classroom saat ini telah menjadi Primadona Pembelajaran di Masa Covid-19 yang kita semua belum tau kapan berakhir.
Pada Artikel kali ini penulis ingin memperkenal seiris platfrom Google Education dalam hal ini adalah Google Classroom.

Google Classroom merupakan salah satu produk google platform yang khusus digunakan untuk belajar daring atau online. Lantas, apa itu Google Classroom itu?. Google Classroom adalah sebuah layanan belajar dalam produk G Suite Education, yang dapat diakses melalui web maupun diunduh melalui aplikasi mobile atau laptop.

Karena merupakan bagian dari G Suite For Education, Google Classroom akan terikat dengan dukungan Google Drive, Google Kelender, Google Form, Google Meet, Google Docs, Google Sheets, Google Slide, dan juga Gmail. Artinya, semua layanan tersebut akan terhubung dalam proses pembelajaran di Classroom yang bisa diakses oleh guru dan siswa. Dalam Google Classroom, guru dan murid dapat berinteraksi dan membuat proses belajar daring menjadi lebih produktif dan interaktif sesuai dengan era 4.0 saat ini. Pada Google Classroom juga mampu menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi dan membina komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar antara dengan guru dan siswa.

Google Classroom akan membuat kegiatan belajar mengajar akan menjadi lebih produktif, efektif dan efesien. Pada Google classroom dirancang bersama dengan para Guru agar dapat membantu mereka dalam menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur dan meningkatkan komunikasi dengan anak didik nya. Google Classroom ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memudahkan guru maupun siswa dalam menggunakannya. Siswa dapat bergabung dengan kelas menggunakan kode kelas dan juga dapat mengundang asisten Guru ke dalam kelas.

Semua materi dan tugas juga dapat dikelola dengan baik dengan dukungan dari Google Drive sebagai media untuk penyimpanan folder. Tidak hanya itu, materi dan tugas, seperti video YouTube, survei Google Formulir, dan item lainnya juga dapat ditambahkan melalui Google Drive. Siswa juga dapat mengakses materi, seperti sheet pendaftaran, silabus kelas, atau teks online, serta dapat juga melihat tugas mendatang melalui Google Kalender.

Kemudian Guru juga akan lebih mudah dalam melihat siapa saja yang sudah dan belum menyelesaikan tugas, termasuk memberikan nilai dan masukan real-time.
Google Classroom ini memungkinkan interaksi antara murid dan Guru menjadi lebih efektif, dan yang terpenting adalah Classroom ini terjangkau dan aman, karena disediakan secara gratis dan tidak pernah menggunakan konten pengguna atau data siswa untuk tujuan periklanan. Pada Google Classroom guru dapat melaksanakan Penilaian harian secara online yang terhubung dengan Google Form, Google Sheets, tak hanya itu tugas siswa juga dapat dikirim melalu Classroom, termasuk mengakses materi dan masih banyak lagi manfaat pembelajaran secara daring melalui Classroom. Pada Platfrom Classroom selain untuk pembelajaran juga bisa digunakan untuk kegiatan Bimtek, Diklat, kursus, kegiatan Ekstrakurikuler secara daring. Harapan penulis artikel ini bisa jadi solusi alternatif/jalan keluar pada masa pandemi yang kita semua belum tau kapan berakhir.

Semoga bermanfaat.

*) Penulis adalah Certified Educator Google For Education, Fasilitator EDM- eRKAM bagi Madrasah Kemenag Bojonegoro