BUMDes Berkaho Luncurkan Unit Usaha Persewaan Mesin dan Gerobak Usaha

oleh -133 views

Oleh : Didik Winarto

SuaraBojonegoro.com – BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) merupakan Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Masing-masing desa biasanya mempunyai potensi yang berbeda-beda.

Atas dasar itulah pengurus BUMDes Berkaho membuat lini usaha baru untuk memfasilitasi potensi banyaknya pelaku ekonomi sektor mikro di desa Pungpugan. Lini usaha baru tersebut berupa usaha sewa mesin pembuat susu kedelai kepada salah satu pelaku usaha mikro.

Resma Edhi Satria, selaku Ketua BUMDes Berkaho mengatakan bahwa usaha persewaan mesin ini adalah lini usaha yang kedua setelah lini usaha yang pertama yaitu pompanisasi sudah berjalan. ”Untuk yang pertama ini persewaan mesin pembuat susu kedelai,insyaalloh yang kedua nanti adalah persewaan boot atau gerobak bagi pedagang kecil,” Tuturnya, Senin (24/8/2020).

Diharapkan dengan sistem sewa yang murah, pedagang atau pelaku usaha akan terbantukan karena tidak bisa beli alat atau tempat usaha. Apabila kelak pelaku usaha tersebut sudah bisa membeli sendiri mesin atau alat tersebut, maka mesin akan disewakan pelaku usaha lain.

Reshma menambahkan sebagai BUMDes yang baru lahir ,BUMDes Berkaho berusaha terus aktif untuk belajar, serta mengejar ketertinggalan dengan yang lainya. Meski dengan keterbatasan dengan modal penyertaan yang diberikan oleh desa, tidak menghalangi para pengurus BUMDes Berkaho untuk terus berkarya dan berinovasi.

“Salah satunya adalah dengan meluncurkan lini usaha yang kedua berupa persewaan mesin di atas,” Pingkasnya. (Dik/Red)