Guru Dikenalkan Aplikasi Infinite Design Untuk Membuat Foto Vector

oleh -
oleh

SuaraBojojonegoro.com – Tugas dari seorang dosen harus memenuhi tridarma perguruan tinggi, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk tridarma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh seluruh dosen di Indonesia melalui Program Kemitraan Masyarakat. Hal ini sesuai Undang-Undang Repubik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 60 bagian a yang menjelaskan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, dosen berkewajiban melaksanakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.
Dan untuk memenuhi  tugas keprofesionalan sebagai seorang dosen, maka dosen IKIP PGRI Bojonegoro dan dosen Universitas Sebelas Maret berkolaborasi dalam membuat suatu program kemitraan Masyarakat yang diketuai oleh Cahyo Hasanudin, M.Pd. dari IKIP PGRI Bojonegoro, Novi Mayasari, M.Pd. dari IKIP PGRI Bojonegoro sebagai anggota 1 dan Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum dari Universitas Sebelas Maret sebagai anggota 2.

Program ini juga melibatkan mahasiswa. Alasan melibatkan mahasiswa agar para mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang tidak didapat dibangku perkuliahan.
Topik program pengabdian kepada masyarakat tersebut adalah “Pemanfaatan Kolaborasi Pop-Up dan Movable Book dalam Membuat Media Pembelajaran 3D”.

Subjek pada program pengabdian kepada masyarakat ini adalah para guru-guru di Desa Geger, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro mulai dari guru pos paud hingga guru madrasah Aliyah. Program ini dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom.

Dijelaskam oleh Novi selaku anggota program ini, bahwa Tim pengabdian kepada masyarakat memberikan pelatihan tentang teknik membuat foto vector kartun dengan menggunakan aplikasi infinite design. Dan Aplikasi ini dapat diunduh di playstore hp/tablet android. Sabtu (12/7/2020).

“Harapannya guru-guru di Desa Geger mampu menerapkan aplikasi tersebut, karena aplikasi infinite design mudah dioperasikan. Aplikasi ini juga sangat membantu dalam menghasilkan foto vector kartun atau pun beground untuk media 3D tersebut,” Terangnya.

Pemateri pada program ini adalah Ega Wahyu Mahardika mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) IKIP PGRI Bojonegoro. Materi yang disampaikan secara daring membahas tentang teknik membuat foto vector kartun menggunakan aplikasi infinite design. Saudara Ega Wahyu Mahardika memaparkan materi secara rinci bagaimana cara membuat kanvas sampai dengan penyimpanan foto vector kartun.

Kegitan Program kemitraan masyarakat ini diharapkan nantinya dapat menambah wawasan dan manfaat bagi guru-guru di Desa Geger. Terutama pada saat pandemi COVID-19 ini, sangat efektif melaksanakan program secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

“Harapan saya dari program ini, meskipun nantinya programnya berbasis online, ibu dan bapak guru yang sudah dilatih harus benar-benar serius dan bisa menghasilkan produk yang bermanfaat untuk pendidikan, khususnya dalam hal media pembelajaran. Terang Novi.

Kegiatan ini dimulai sejak 04 Juli 2020 dan dijadwalkan berakhir sampai 08 Agustus 2020. Kegiatan ini didukung penuh oleh DRPM Kemenristekdikti melalui kegiatan Program Kemitraan Masrayakat (PKM) dengan bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. (Lis/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.