Sabtu Besok 600 Pesilat Bojonegoro Gelar Kirab Budaya

oleh -1.461 views

Kontributor : Didik Winarto

SuaraBojonegoro.com – BKP (Bojonegoro Kampung Pesilat), dalam mengawali dan memasuki Bulan Suro, pada Sabtu 31 September 2019 besok, Akan Menggekar Kirab Budaya dan Bendera Atau Panji Lambang Perguruan Pencak Silat, yang akan diikuti oleh Seluruh Perguruan pencak silat sebanyak 20 organisasi Atau sekitar 600 pesilat yang tergabung dalam BKP.

Acara ini digelar sebagai bentuk kerukunan dan guyub antar anggota organisasi pencak silat yang ada di Kabupaten Bojonegoro guna menciptakan suasana keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di wilayah masing masing.

Kirab budaya ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dari Halaman Polres Bojonegoro, kemudian melalui jalan Panglima Sudirman lalu ke jalan Mastumapel, dan finish di Alun – alun Bojonegoro.

“Di Alun – alun Bojonegoro nanti Bendera akan diterima oleh Forkominda yaitu Bupati Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro dan juga Dandim 0813 Bojonegoro,” Kata Ketua BKP Wahyu Subakdiono.

Disampaikan pula diantara rute tersebut, para pesilat akan menampilkan gerakan seni pencak silat sesuai perguruan mereka masing-masing. Kemudian di Alun – alun Bojonegoro secara kolosal ratusan pesilat akan menampilkan jurus Harmoni yaitu gabungan gerakan silat dari semua perguruan silat yang tergabung dalam BKP.

Acara yang di pelopori oleh Sat Binmas Polres Bojonegoro ini bertujuan untuk melestarikan Budaya Pencak Silat yang ada di Bojonegoro serta meningkatkan kerukunan antar anggota Pencak silat.

“Diharapkan ini akan menjadi awal yang baik menjelang bulan Suro, dan bisa menjadi kegiatan yang bisa menciptakan suasana damai dalam kebersamaan antar anggota Pencak Silat dan Masyarakat,” Kata AKP Sujono selaku Kasat Binmas Polres Bojonegoro. (Dik/Red)