HIMA FaPerta Unigoro Adakan Pemanfaatan Botol Bekas dan Pekarangan Hidroponik

oleh -
oleh
Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Himpunan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Bojonegoro (Unigoro) Agribisnis menggelar kegiatan pemanfaatan limbah botol dan lahan pekarangan dengan hidroponik, Minggu (18/02/18).

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Sembunglor, Kecamatan Baureno tersebut dilakukan bersama dengan Kelompok Ibu PKK Desa Sembunglor.

Penanggungjawab kegiatan, Moh Agung Ali Usman mengatakan, kegiatan belajar bersama dengan Ibu PKK ini dilakukan untuk mengurangi limbah sampah botol plastik yang banyak terbuang sia-sia.

Selain itu, menurutnya botol-botol bekas tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat tanaman hidroponik dan dapat dilakukan di pekarang rumah yang tak terpakai.

“Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali limbah botol yang terbuang sia-sia, dengana adanya kegiatan belajar bersama ini kami ingin memberikan pelatihan pemanfaatan botol bekas dan pekarangan untuk tanaman hidroponik,” ujarnya.

Menurutnya, pembuatan botol plastik bekas tersebut menjadi wadah hidroponik tidaklah terlalu sulit, sehingga diharapkan mampu untuk segera diterapkan.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Pertanian Unigoro, Ir. Darsan M.Agr mengungkapkan, dengan adanya pemanfaatan limbah botol plastik dan pekarangan rumah untuk tanaman hidroponik, selain dapat mempercantik pekarangan ada juga potensi untuk mendapatkan penghasilan dari tanaman hidroponik tersebut.

“Kami tentu berharap baik mahasiswa FaPerta Unigoro maupun ibu-ibu PKK yang ikut dalam kegiatan belajar bersama ini dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar, tanaman hidroponik bisa dikembangkan di pekarangan dan memiliki nilai ekonomis jika ditekuni dengan baik,” kata ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Bojonegoro tersebut.

Universitas Bojonegoro melalui Fakultas Pertanian dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat turut aktif melakukan pendampingan di bidang pertanian untuk memajukan dan mengembangkan potensi pertanian di Kabupaten Bojonegoro. (liq/yud)

No More Posts Available.

No more pages to load.