Pemerintah Desa Wedi Kembangkan Salak Madu Menuju Desa Agro Wisata

oleh -355 views

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Untuk mengembangkan Dan juga meningkatkan perekonomian untuk pemerintah Desa Wedi, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, Jawa Timur melakukan pengembangan terhadap tanaman Yang sudah menjadi khas Desa Wedi yaitu Buah Salak yang sudah terkenal di belahan tanah jawa dan menjadi buah yang diolah berbagai jenis makanan maupun minuman yang beradal dari buah salak tersebut.

Pengembangan potensi salak Wedi ini, adalah dari Tanaman salak biasa diganti dengan salak madu yang saat ini sudah ditanam di lahan milik Desa seluas satu hektar dan nantinya akan dijadikan sebagai lokasi Agro Wisata Salak di Desa Wedi.

Menurut Kepala Desa Wedi Mashuri, bahwa pengembangan Salak ini untuk meningkatkan potensi buah salak yang nantinya agar menjadi minat banyak orang sehingga akan banyak warga yang berkunjung ke Wedi, sekaligus guna meningkatkan pendapatan Desa dan dikembangkan menjadi pendapatan masyarakat dengan salak madu ini.

“Dengan lahan ini, pihak Desa berupaya mengembangkan bibit salak madu, dan nanti juga akan dikembangkan di masyarakat, sehingga salak wedi akan semakin diminati diberbagai kalangan masyarakat Di Indonesia,” Ungkap Kepala Desa Wedi, Kamis (25/6/2020).

Menurut Mashuri, hal ini untuk menumbuh kembangkan kreatif masyarakat yang sudah ada sehingga dengan dibentuknya laham kebun salak sebagai Wisata Agro Bisnis akan bisa menjadikan salak Wedi semakin berkembang, dan Potensi wisata di Salak Wedi akan meningkat dan menarik pengunjung.

Rencananya, Agro Wisata Salak Wesi ini akan dikelolakan kepada BUMDes sehingga bisa mendapatkan Pemasukan Asli Desa dan untuk meningkatkan potensi Wisata Salak Wedi, “Masyarakat juga bisa mengembangkan potensi salak yang saat ini di tanam oleh Pihak Pemdes,” Tambah Kades Wedi Mashuri.

Hal ini juga untuk mengembangkan peluang masyrakat untuk meningkatkan perekonomian dari Buah Salak ini, mulai dari Buah, kemudian kreatif masyarakat dari buah salak yang bisa dijadikan kuliner baik minuman maupun makanan.

Karena Salak Madu ini rasanya akan lebih manis, sehingga dipastikan akan digemari masyarakat dan akan banyak mendatangkan konsumen guna mendapatkan buah salak dari Desa Wedi.

Dukungan dari masyarakat dan juga pemerintah sangat diharapkan guna pengembangan salak di Desa Wedi, Kecamatan Kapas, sekaligus untuk peningkatan potensi Wisata di Kabupaten Bojonegoro, karema dengan Agro Wisata salak ini nantinya diharapkam dapat mengundang dan mendatangkan wisatawan dari luar daerah, dan akan berdampak peningkatan ekonomi masyarakat.

“Berharap dukungan semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat agar pengembangan salak dan Agro Wisata Salak Wedi ini menjadikan keberhasilan dibidang Wisata dan Kuliner nantinya,” Pungkas Mashuri. (Rum/ADV)