Trofi Piala Presiden 2019 Terbuat Dari Kayu Jati Terbaik Bojonegoro

oleh -29 views

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Trofi piala pada umumnya terbuat dari emas, perak atau perunggu, namun berbeda dengan trofi yang piala presiden tahun 2019 yang terbuat dari bahan kayu jati glondongan yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro. Sabtu (13/04/19).

Adalah Ida Bagus Ketut Lasem, pengrajin ternama asal Kemenuh, Kabupaten Gianyar, Bali, yang dipercaya oleh panitia pelaksana piala presiden 2019 untuk mengukir tropi tersebut. Dalam proses mengukir teraebut, Ida Bagus Ketut Lasem, menuturkan jika dalam proses pembuatan tropi tersebut terdapat kendala yakni saat membuat proporaional bentuk piala.

“Tinggi 60 centi meter dengan berat 15 kilogram dan lebar 25 centi meter,” katanya.

Dalam prosesnya terlebih dahulu, Ida Bagus Ketut Lasem, terlebih dahulu membentuk kayu jati glondongan yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro.

“Bentuknya di sesuaikan dengan rancang bangun dalam bentuk gambar yang disiapkan oleh pihak panitia,” ujarnya.

Trofi tersebut nampak indah dan elegan dengan khas ukiran Bali dengan dihiasi bebaturan serta simbar. Yangmana bebaturan dan simbar tersebut melambangkan sebagai dasar untuk mengikohkan bangunan.

“Dan simbar melambangkan daun yang memberikan kehidupan,” ujarnya.

Selain itu, pada tropi tersebut juga dihiasi bebatuan yang diambil dadi berbagaibdaerah di Indonesia yang bersifat filosofis dan menunjukkan keindahan.

“Kami ingin piala ini tidak kehilangan nilai tradisional dengan ada sentuhan modern,” kata Surya Aditya, seniman perak.

Dibagian trofi tersebut juga nampak bunga mandalika, yangmana bunga mandalika ini sebagi simbol keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Trofi Piala Presiden tahun ini mengusung konsep baru namun tak melenceng jauh dari konsep lama,” pungkasnya. (Bim/red).