27 ODGJ di Bojonegoro Dipasung

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Terhitung sejak Januari hingga Oktober 2018 ini, masih ada 27 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung keluarganya di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Bojonegoro, ke 27 ODGJ dalam pasungan tersebut tersebar di 21 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, diantaranya Dander, Tambakrejo, Gondang, Kedumgadem, Sumberrejo, Baureno, Kanor, Trucuk, Kapas, Gayam, Malo, Bojonegoro, Kalitidu, Purwosari, Sukosewu, Balen, Sugihwaras, Kepohbaru, Temayang, Padangan, Ngraho.

“Kecmatan lain bukan berarti tidak ada ODJG tapi bisa jadi ada tapi tidak dilaporkan. Soalnya yang melaporkan kan pihak Puskesmas, Dinsos hanya mencatat saja dan nanti memberikan santunan,” kata Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Dinsos Bojonegoro, Dwi Harningsih.

Lebih lanjut dikatakan Dwi, ODJG tersebut setiap bulan mendapatkan perawatan dari pihak Puskesmas. Jika ODJG tidak dapat ke Puskesmas maka pihak kesehatan yang datang ke rumah mereka.

“Jika dimukinkan, pihak Dinsos juga akan mengirim ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa di Menur Surabaya. Tapi saat ini rata-rata ODGJ masih dalam pengawasan keluarga,” pungkasnya. (die/yud)