Purnawiyata Siswa SMPN 2 Purwosari Dimeriahkan Tari Gambyong dan Kesenian Gamelan

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini SMPN 2 Purwosari kembali mewisuda anak didiknya yang telah menuntaskan pendidikan kelas VI hingga IX di SMPN 2 Purwosari. Namun, ada yang menarik pada Purnawiyata Siswa yang mereka gelar tahun ini. Penampilan tari gambyong dengan diiringi sinden dan musik gamelan yang juga dimainkan secara langsung oleh siswa-siswi SMPN 2 Purwosari benar-benar membuat Purnawiyata Siswa SMPN 2 Purwosari Tahun 2024 semakin meriah. Penampilan tak kalah memukau juga dipersembahkan Paduan Suara Gita Prada SMPN 2 Purwosari yang mampu membuat suasana wisuda makin seru dan membuat wali murid dan tamu undangan yang hadir ikut menyanyikan lagu yang mereka bawakan.

Talenta yang ditampilkan murid SMPN 2 Purwosari merupakan hasil dari komitmen SMPN 2 Purwosari untuk tidak hanya membekali peserta didiknya dengan kemampuan akademik, siswa-siswi SMPN 2 Purwosari juga dibekali dengan fasilitas dan fasilitasi pengembangan minat, bakat, kreativitas dan soft skill yang dapat meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi siswa. Gamelan, kesenian tari, menyanyi (tarik suara), musik, paduan suara, badminton, voli, kepemimpinan (leadership skill), kelompok belajar Bahasa Inggris, komputer, talenta digital (digital talent), public speaking, Adaptasi Perubahan Iklim (API) dan soft skill lainnya merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat diikuti oleh murid SMPN 2 Purwosari.

“Penampilan yang bapak ibu semua saksikan tadi merupakan talenta siswa-siswi SMPN 2 Purwosari. Kemampuan tersebut diperoleh siswa dari berbagai program ekstra kurikuler yang bapak ibu wali murid telah ketahui. Tahun ini kami juga akan membuka program ekstra kurikuler baru, yaitu sepak bola, renang, kewirausahaan siswa, keuangan inklusi dan lain sebagainya,” jelas Kepala SMPN 2 Purwosari, Ahmad Shodikin kepada wali murid dan tamu undangan yang hadir dalam Purnawiyata Siswa SMPN 2 Purwosari yang diselenggarakan di GOR Dolok Open Cozy Space (DOZS).

Selain penampilan murid SMPN 2 Purwosari, Shodikin melanjutkan, bapak ibu juga tadi telah menyaksikan penampilan murid SDN Dolokgede yang juga unjuk perfomance. Maksud kami adalah bahwa SMPN 2 Purwosari ingin mendorong dan bersama-sama SD/MI sekitar untuk tidak hanya membekali anak didiknya dengan kemampuan akademik, akan tetapi juga mengasah dan mengembangkan minat, bakat, kreativitas dan soft skill anak sejak pendidikan dasar.

“Dengan begitu anak-anak kita akan memiliki fondasi yang kuat dalam bidang akademik, keterampilan, kreativitas dan soft skill sehingga ketika mereka melanjutkan pendidikan ke SMPN 2 Purwosari, kami tinggal melanjutkan estafet pendidikan berkelanjutan dengan memperkokoh fondasi anak yang telah ia dapatkan pada tingkat pendidikan dasar. Proses pendidikan yang berkesinambungan inilah yang kita berikan kepada anak-anak kita,” ujar Shodikin. “Fasilitas yang ada, seperti gamelan, studio musik, laboratorium komputer, Pendopo Mannah, Panggong Sinau Bareng Ademos, laboratorium kewirausahaan, DOZS, lapangan badminton indoor, kemudian nanti ada lapangan sepak bola berstandar nasional, lapangan voli, kolam renang bisa diakses dan digunakan oleh seluruh SD/MI mitra dan seluruh sekolah yang ada di kawasan Dolokgede serta sekolah-sekolah di Bojonegoro dan sekitarnya karena desain konsep kita adalah sharing fasilitas atau fasilitas tersebut dapat digunakan oleh semua pihak,” tambahnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Yayasan Mannah, Ademos, DOZS dan SDN Dolokgede yang telah menginisiasi berbagai fasilitas dan fasilitasi program pendidikan dan pengembangan minat, bakat kreativitas dan soft skill sehingga SMPN 2 Purwosari dapat merealisasikan berbagai program pendidikan bermutu untuk siswa-siswi kami. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada SD sekitar yang telah bersedia dan berkomitmen untuk melakukan kolaborasi dan kerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan akademik maupun non akademik,” tutupnya.

Pada Purnawiyata Siswa tahun ini, SMPN 2 Purwosari mewisuda 113 siswa. SMPN 2 Purwosari juga memberikan bantuan komputer dari Yayasan Mannah kepada SD mitra sebagai bagian dari kemitraan yang baik dan saling mendukung, yaitu SDN Mulyorejo 2, SDN Mulyorejo 3, SDN Pelem 1, SDN Pelem 2, SDN Bandungrejo 1, SDN Bandungrejo 2, SDN Ngrejeng, SDN Kaliombo 1, SDN Kaliombo 2 dan SDN Kaliombo 4. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.