Tim Arya Jipang Unigoro Siap Mengudara di KRTI 2024

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Tim Arya Jipang Universitas Bojonegoro (Unigoro) dinyatakan lolos evaluasi tahap I Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2024. KRTI merupakan ajang dirgantara bergengsi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek RI. Sejak 2019, Tim Arya Jipang Unigoro tidak pernah absen mengudara di event KRTI.

Pembina Tim Arya Jipang Unigoro, Faishal Ashari, S.Pd., MT., menerangkan, tahun ini tim besutannya akan bertanding di dua divisi. Yakni racing plane (RP) dan technology development (TD). Dia tidak menyangka, sembilan mahasiswa teknik industi Unigoro yang tergabung dalam dua divisi tersebut lolos evaluasi tahap I KRTI. “Ini pertama kalinya kita mendaftarkan dua divisi sekaligus, RP dan TD. Dan alhamdulillah dua-duanya lolos. Saat ini kami sedang mempersiapkan diri ke evaluasi tahap II KRTI yang dilaksanakan Juli nanti via daring,” terangnya pada Kamis (16/5/24).

Faishal memaparkan, ada banyak tahapan yang harus dilalui Tim Arya Jipang Unigoro agar bisa tampil di babak final KRTI 2024. Saat ini, dua divisi tersebut sedang melaksanakan riset. Di divisi RP yang diperkuat oleh Nungki Dio Febriasa, Ikhwan Sifa B., dan Zainal Abidin tengah fokus meningkatkan akselerasi pesawat. Sebab, rules KRTI 2024 berbeda dengan sebelumnya. “Tahun lalu misinya adalah menerbangkan tiga kotak susu kemasan, pergi dan pulang nggak boleh pecah. Nah sekarang misinya ditambah empat kotak susu kemasan. Otomatis berat dan dimensinya bertambah. Kita sedang riset di body pesawatnya bagaimana agar bisa berakselerasi kencang dan bisa mengangkut empat kotak susu tadi,” paparnya.

Sementara itu, di divisi TD yang diperkuat oleh Nayla Farikha Z., Nanik Fadilatun N., Ocha Silvia K., Putri Puja Pratiwi, Ary Angga F., dan Novia Pramesti D.C., fokus meneliti buah gambas kering untuk dijadikan bahan body pesawat. “Kita menawarkan inovasi yang berjudul Pemanfaatan Buah Gambas Kering sebagai Wingspan Pesawat. Karakter buah gambas ini memiliki serat yang kuat, jadi bisa dimanfaatkan untuk membuat wingspan. Kalau sudah jadi kita uji. Mulai dari uji tarik, uji kuat, dan uji terbang. Ini yang akan kita presentasikan di lomba wilayah besok. Divisi TD dibimbing oleh Bu Amalia Ma’rifatul M., S.Si., MT.,” imbuh dosen prodi teknik industri Unigoro.

Faishal menargetkan, pada pertengahan Juni nanti karya-karya pesawat dari divisi RP dan TD Tim Arya Jipang Unigoro bisa diujicoba. Pria asal Desa Gajah, Kecamatan Baureno ini berharap, kedua divisi tersebut bisa tampil maksimal pada evaluasi tahap II KRTI atau seleksi wilayah. Sehingga bisa lolos ke tingkat nasional. “Final KRTI 2024 di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Mudah-mudahan Tim Arya Jipang Unigoro bisa lolos sampai nasional dan dapat juara,” pungkasnya. (din/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.