Tingkatkan Kompetensi Sosial, MGMP Matematika SMA di Bojonegoro, Lakukan Baksos

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka meningkatkan kompetensi sosial guru matematika SMA di Kabupaten Bojonegoro,MGMP Matematika SMA Kabupaten Bojonegoro, melaksanakan bakti sosial berupa pemberian bantuan kepada warga yang berdampak banjir di desa Ledok Kulon, Kecamatan Bojonegoro dan juga pembagian takjil untuk berbuka puasa kepada masyarakat yang melalui jalan Veteran bagian selatan, Sabtu (23/03/2024).

Seperti yang kita ketahui dalam dunia Pendidikan bahwa MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) merupakan tempat bagi guru baik dari sekolah negeri/swasta untuk saling berkomunikasi, bersilaturahmi, bertukar ilmu dan keterampilan, menjadi tempat dalam mengembangkan kompetensi serta profesionalisme guru.

Menurut Darum Budiarto, selaku ketua MGMP Matematika SMA Kabupaten Bojonegoro menyatakan bahwa kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur, rasa peduli terhadap sesama dan juga bentuk pengembangan diri salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi sosial, selain kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian yang juga harus dimiliki oleh seorang guru.

“Kegiatan sebagai wujud rasa syukur dan kepedulian kepada sesama, ” kata pria yang pernah study ke Nasa Alabama Amerika Serikat ini.

Kompetensi sosial adalah kemampuan seorang guru dalam berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua/wali dan masyarakat sekitar.

Kompetensi sosial seorang guru merupakan hal yang sangat penting yang tidak boleh diabaikan dan tetap harus diperhatikan untuk dikembangkan dan ditingkatkan, bukan hanya rasa sosial di lingkungan sekolah atau instansi saja tetapi juga rasa sosial seorang guru di lingkungan masyarakat.

“Harapannya kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan hingga menjadi contoh dan inspirasi bagi MGMP mata pelajaran lainnya untuk ikut serta dalam mengembangkan kompetensi sosial para anggotanya dalam bentuk bakti sosial kepada masayarakat secara langsung, “pungkas Darum yang juga guru matematika di SMA Negeri 4 Bojonegoro. (Put/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.