Pengabdian Mahasiswa UKM Radio Mars FM IKIP PGRI Bojonegoro dalam PPK ORMAWA Kemdikbud – Ristek Tahun 2023

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Mars FM IKIP PGRI Bojonegoro sebagai sub unsur masyarakat akademik memiliki kewajiban dan tanggungjawab dalam hal community services bagi masyarakat sekitar. Sebagai salah satu unsur Tridharma Perguruan Tinggi Pengabdian kepada Masyarakat menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan oleh insan Pendidikan Tinggi.

Sejak terpilih sebagai salah satu UKM yang menang dalam ajang kompetisi PPK ORMAWA Kemendikbud Ristek (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi) tahun 2023 bersama 3 UKM lainnya yang ada di IKIP PGRI Bojonegoro, UKM Radio Mars FM terus melakukan persiapan-persiapan untuk melaksanakan program tersebut

Selama 3  bulan sejak Juli – September 2023 tim PPK ORMAWA UKM Radio Mars FM aktif melakukan tahapan kegiatan yang meliputi diantaranya pra pelaksanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Tahap demi tahap tersebut dijabarkan kedalam beberap sub kegiatan. Latar belakang dari pelaksanaan program ini antara lain soal Permasalahan yang akan diselesaikan melalui program ini antara lain untuk menjawab permasalahan upaya revitalisasi literasi dan kompetensi masyarakat dan menstimulasi penguatan usaha baru masyarakat.

Kegiatan yang difokuskan di Desa Sembung kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro ini dilakukan dengan beberapa tahap, diantaranya Identifikasi dan pemetaan struktur kebutuhan, peminatan dan potensi masyarakat desa, Pemetaan masyarakat sasaran pada pojok-pojok literasi desa, Pembentukan pojok-pojok literasi berbasis kebutuhan peminatan dan potensi masyarakat desa.

Selain itu juga Penyusunan kurikulum pojok literasi desa berbasis kebutuhan peminatan dan potensi masyarakat desa, Pelatihan penguatan literasi masyarakat desa berbasis kebutuhan peminatan & potensi masyarakat desa, Pendampingan pengembangan sektor ekonomi baru masyarakat berbasis kebutuhan peminatan & potensi masyarakat desa.

Ima Isnaini TR selaku dosen pendamping menyampaikan bahwa, program PPK ORMAWA IKIP PGRI Bojonegoro ini sangatlah bermanfaat untuk mengembangkan softskill para mahasiswa,  kepekaan para mahasiswa dalam menjawab tantangan kebutuhan masyarakat, serta kekompakan tim.

“Program pengabdian ini mengusung tema Revitaslisasi Literasi Usaha Masyarakat Desa berbasis ETNO-STEAM. Etno-STEAM sendiri merupakan sebuah tema yang diangkat dengan latarbelakang kebutuhan, ke khasan dan peminatan masyarakat desa pada sector tertentu,” Ujar Ima Isnaini. Selasa (26/9/2023).

Sebelumnya Arif Wahyudin selaku Kepala Desa Sembung, Kecamatan Kapas, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebanyak banyaknya kepada IKIP PGRI Bojonegoro, khususnya para dosen dan mahasiswa yang telah meluangkan waktu berdialog, bermusyawarah, serta menyusun sebuah strategi, solusi dan inovasi untuk warga binaan dalam pengembangan usahanya.

“Ini akan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat kami untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi,” Kata Kades Sembung.

Nisva selaku ketua pelaksana program menyampaikan betapa program ini mampu menempa diri mahasiswa dengan berbagai tantangan yang ada. Dia berharap program ini dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat. UKM Radio Mars FM juga siap dalam memndampingi selama pasca program sebagai bentuk tanggungjawab keberlanjutan program. (SAS/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.