Prof. Sam Abede Pareno Tokoh Wartawan Senior Jatim Meninggal Dunia

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Wartawan Indonesia kembali harus kehilangan satu tokoh yang sangat dibanggakan, dan hari ini kembali berduka dengan kepergian tokoh jurnalis, Prof.Dr.H. Sam Abede Pareno, MM, hari ini, Sabtu (30/4/2022) pagi tadi.

Kabar meninggalnya Prof Sam Abede Pareno ini menyebar melalui akun Wathsapp yang dikirim oleh Putranya, Rofi Pareno yang menuliskan pesan “Assalamualaikum, mohon dimaafkan segala salah dan khilaf papa saya Prof. Sam Abede Pareno selama hidupnya – Inna Lillaahi wa Innaa Ilaihi Roji’uun papa saya telah meninggal dunia hari ini di rumah duka Jl.Mulyosari Tengah 5/ 37 Surabaya pd usia 73 tahun lebih 8 bulan, wassalamu’alaikum wr.wb”

SAM Abede Pareno melahirkan putra putra yang juga menjadi Jurnalistik dan Salah satunya sudah meninggal Dunia lebih dahulu yaitu Reino Pareno, Prof Sam, juga guru besar di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo.

Atas dedikasi dan perjuangannya di bidang Ilmu Komunikasi dan Kewartawanan, mengantarkannya pada penghargaan Lifetime Achievement 2017, dari Yayasan Pendidikan Cendikia Utama (YPCU).

Mantan Rektor Unitomo, Dr. Bahrul Amiq pernah menyebutnya sebagai pejuang dunia kewartawanan.

“Beliau juga terus berjuang untuk dunia kewartawan. Hampir sepanjang usianya mengabdikan diri di dunia tulis menulis,” ujar dr. Bahrul Amiq Rektor Unitomo Surabaya saat memberikan penghargaan tersebut, jelang Dies Natalis ke 36 tahun Unitomo Surabaya waktu lalu.

Selain aktif dalam dunia jurnalistik, Prof Sam Abede juga aktif dalam dunia kesenian, khususnya bidang Sastra. Ia juga pernah menjabat sebagai ketua Dewan Kesenian Surabaya, pada tahun 1984-1987, bersama pelukis Amang Rahman Jubair, dan sutradara teater Basuki Rachmat. (SAS/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.