Bersama Perhutani, IPM Bojonegoro Kota Lakukan Penanaman Pohon

oleh -
oleh

 

SuaraBojonegoro.com  Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Bojonegoro Kota, bekerjasama dengan Perhutani Bojonegoro.
Bertempat di Penyemaian Bibit BKPH Pradok Grogoland Dander. Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan HUT Ke-61 Perhutani juga bertepatan dengan hari hutan sedunia. Sabtu (19/3/2022).

Hadir pada acara penaman pohon adalah Waka ADM Bojonegoro Tengah, ASPER/KBKPH PRADOK, Kepala Desa Ngunut, KAUR TU PRADOK, serta KRPH Grogolan.

Menurut Asy-Syifa Mahardika Ghofur selaku ketua IPM Bojonegoro kota, tujuan dilakukan penanaman pohon adalah untuk melestarikan alam, sarana edukasi serta membantu masyarakat sekitar yang tergantung pada tanaman kayu putih. Pada kegitan kali ini aksi menanam pohon sekitar 40 bibit pohon kayu putih.

Perlu diketahui, tanaman kayu putih di Bojonegoro varian “Klon 71” masuk kedalam jajaran varian terbaik di dunia. Dan masyarakat sekitar melaksanakan penanaman dilahan tersebut untuk pencaharian berkelanjutan, tambah Syifa. “Ini merupakan tanggungjawab kita manusia sebagai khalifah di bumi. khususnya kita pelajar memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. semoga dengan adanya program kerja ini dapat memberikan manfaat bagi bumi dan orang lain”. Tegas Syifa.

Wawan Gunawan, selaku Waka ADM Bojonegoro tengah dalam sambutan arahan mengatakan. “Jangan hanya sekedar berhenti di penanaman saja. Diharapkan, nanti ada tindak lanjut untuk melanjutkan perawatan, guna melestarikan lingkungan. Penanaman ini juga kita jadikan edukasi terkait tanaman kayu putih. Diharapkan kegiatan ini bisa berkelanjutan, bersinambungan, dan ditingkatkan dengan kegiatan pemeliharaan”.

Adapun cara penanaman bibit kayu putih adalah: buat lubang galian sedalam 30-35 cm, padatkan isi polibag agar tidak keluar, lepas polibag dari bibit, tanam bibit ke dalam lubang galian, tutup menggunakan tanah, pastikan mengerucut ke dalam agar air dapat ditampung, lebih bagus bila ditanam di tanah becek.

Setelah kegiatan penanaman pohon dilanjutkan dengan bagi-bagi bibit ke penduduk sekitar sebanyak 61 bibit dalam rangka HUT ke-61 Perhutani. Tambah Wawan di akhir keterangan. (Sew/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.