FOZ Bersama Kemenag Bojonegoro Jalankan Program Pengentasan Kemiskinan di Kampung Zakat 

oleh -

SuaraBojonegoro.com – Bersama 13 Lembaga Amil Zakat, FOZ menyalurkan zakat, wakaf Al-Qur’an dan pembinaan Zakat, Infaq dan Shadaqah program  Kampung Zakat Bojonegoro di Desa Nganti, Ngraho Bojonegoro pada 03/05/2021.

Ketua Satgas Kampung Zakat Bojonegoro Joko Hadi Purnomo memaparkan, ada 44 musholla dan 6 masjid yg akan dibagikan Al-Qur’an, lalu pembagian zakat fitrah utk 241 penerima zakat yg dipusatkan di masjid-masjid.

Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat utk warga desa Nganti, sementara ini sudah ditanam pisang cavendis, penyaluran zakat fitrah dan mushaf Al-Qur’an.

“Mewakili satgas kampung zakat kami mengucapkan terima kasih, semoga bisa memberi manfaat,” ujarnya.

Kepala Kantor Agama Kabupaten Bojonegoro Drs H Suhaji mengatakan, ada zakat konsumtif berupa beras dan makanan yg selesai habis dimakan. Ada zakat produktif berupa barang seperti hewan ternak, tanaman spt pisang, atau penyerahan Al-Qur’an ini zakat produktif.

Dalam Al-Qur’an dijelaskan barang siapa bersungguh berjuang dijalan Allah maka ditunjukkan jalan kesuksesan. Ayat ini mengajarkan agar kita selalu produktif dan berupaya maksimal melakukan perubahan salah satunya dilakukan disini menanam pisang cavendis.
Mudah-mudahan pisang yg ditanam bisa membawa barokah dan manfaat untuk warga desa kampung zakat.

“Semua bukan utk masa sekarang tapi utk masa yg akan datang supaya daerah ini lebih produktif. Syukurlah nanti ada pabrik kripik pisang bisa ekspor ke luar negeri,” paparnya.

Kepala Desa Nganti Maryadi mengucapkan terima kasih kepada jajaran yang sudi hadir di desa Nganti, yaitu Kemenag Bojonegoro beserta FOZ, KUA Ngraho, serta warga tokoh masyarakat, selamat hadir di desa Nganti.

Desa Nganti terluas di Kecamatan Ngaho dengan penduduk 7.000 lebih. Secara mayoritas bertani tadah hujan beda dg daerah lain yg berkecukupan air bersih dan peralatannya.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan hari ini berupa makanan, Al-Qur’an, wawasan ilmu yg bermanfaat warga desa,” paparnya.

Diakhir acara, 13 anggota FOZ Bojonegoro  menyerahkan Al-Qur’an secara simbolis, dilanjut materi pembinaan pengelola zakat, infaq, shadaqah di Balai Desa Nganti, Ngraho Bojonegoro. (Red/Lis)