Infrastruktur Publik Rampung, Warga Lancar Beraktifitas

oleh -99 views

SuaraBojonegoro.com – Kini warga Desa Bandungrejo dapat melakukan aktivitas secara lancar setelah Program Peningkatan Infrastruktur Publik dari PT Pertamina EP Cepu  (PEPC) rampung dan diserahterimakan dari Tim Pelaksana kepada Kepala Desa Bandungrejo. Serah terima dilakukan di Balai Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur pada Rabu (02/12). Program infrastruktur desa tersebut diserahterimakan langsung dari tim pelaksana kepada Kepala Desa Bandungrejo dan disaksikan oleh perwakilan PEPC.

Program ini berupa pembangunan tembok penahan tanah (TPT) jalan desa Bandungrejo – Kliteh. Program ini bertujuan untuk mendukung infrastruktur jalan yang kuat dan kokoh lantaran selama ini jalan tersebut sering mengalami rusak dan amblas jika terjadi hujan. Program yang dimulai sejak September 2020 lalu ini dikerjakan oleh warga masyarakat sendiri, sehingga dalam program ini juga memberdayakan masyarakat setempat untuk ikut terlibat langsung dalam pembangunan desanya.

Dalam acara serah terima tersebut, perwakilan PEPC, Endra Mugi menyampaikan kepada warga yang hadir, bahwasanya PEPC memiliki komitmen yang tinggi akan kemajuan warga desa Bandungrejo. Salah satu bentuk dari komitmen tersebut ialah melaksanakan peningkatan infrastruktur publik ini. Menurut Mugi, majunya aktivitas sosial, perekonomian, pendidikan, hingga kesehatan masyarakat desa tergantung dari kualitas infrastruktur akses jalan desa . Karena jalan sebagai sarana merupakan fasilitas penting untuk menunjang mobilitas warga desa serta berperan untuk meningkatkan kelancaran perekonomian dalam aktifitas sehari-hari. “Tujuan program pembangunan jalan ini adalah untuk memperlancar jalannya perekonomian di Desa Bandungrejo. Untuk itu kami juga ucapkan terima kasih untuk Pemerintah Desa dan masyarakat Bandungrejo, serta Timlak yang mensukseskan kegiatan pembangunan jalan ini” tambah Mugi.

Sementara itu, Kepala Desa Bandungrejo Sapani menyampaikan ucapan terima kasih kepada PEPC yang aktif dalam memberikan dukungan fasilitas publik di desa nya. Sapani menceritakan bahwa lokasi jalan yang dibangun tersebut selama ini sering rusak akibat longsor dan amblas jika musim hujan. Dengan adanya program ini tentu dapat dengan aman dilalui oleh warga untuk aktivitas sehari-harinya. “Ini sangat bermanfaat bagi banyak warga yang menggunakan jalan, selama ini sering rusak, tapi sekarang sudah baik dan kuat, jadi aman” ungkap Sapani.

“Kita sudah mendapat bantuan infrastruktur yang baik ini dari PEPC, sekarang giliran kita untuk memanfaatkan secara baik dan mari kita semua saling menjaga serta bertanggung jawab atas fasilitas yang telah berikan ini. Mari kita bersama-sama turut mendukung PEPC dalam merampungkan Proyek Strategis Nasional ini. Baik dan tidaknya tentu kita juga yang akan merasakannya” tutup Sapani.

Diharapkan, dengan rampungnya program TPT sepanjang 1000 meter ini mampu memberikan kenyamanan masyarakat dalam aktifitas sehari-harinya secara lancar. Kini, masyarakat pun semakin menyadari akan manfaat baiknya setelah ada proyek Pengembangan & Unitisasi Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru. (Red/Lis)