Cegah Sebaran Covid-19, Jalan Masuk Ke Pemukiman di Beberapa Desa Di Sumberrejo di Tutup

oleh -1.156 views

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Antisipasi yang dilakukan warga agar tidak ada sebaran virus Corona (Covid 19) dibeberapa Desa di Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro dilakukan penutupan oleh pemerintah Desa Setempat, hal ini dilakukan guna memutus rantai sebaran Covid 19 di Desa mereka pada Lebaran Hari Raya Idul Fitri di Hari pertama ini, Minggu (24/5/2020).

Adapun beberapa Desa yang jalan masuk ke pemukiman kampung dilakukan penutupan atau di portal diantaranya adalah Desa Karangdowo, dan Desa Pejambon, dengan tujuan untuk dilakukan pemeriksaan terhadap siapa saja yang keluar masuk desa, dan jika tidak ada kepentingan yang berarti maka diharapkan agar tidak keluar masuk Desa.

Bahkan para petugas satgas Gugus Covid 19 ini melakukan penjagaan dengan ketat, karena pada lebaran idul Fitri banyak warga yang melakukan unjung unjung atau melakukan halal bihalal, sehingga tanpa disadari dapat membawa virus corona dan bisa membuar warga lain terpapar. Sehingga jika bukan warga setempat dilarang masuk Desa tersebut.

“Kita tidak tahu apakah warga yang masuk Desa ini benar benar steril, makanya kita lakukan pengecekan dan juga sterilisasi, dan wajib mengikuti protokol kesehatan Covid 19,” Kata Hambali selaku Kasun Tangunggan Desa Pejambom, Kecamatan Sumberrejo.

Bahkan ada beberapa gang masuk dusun Tangunggan Desa Pejambon ini ditutup total sehingga warga harus masuk Dusun melalui satu pintu dan mudah untuk dilakukan pemantuan terhadap warga yang keluar masuk dusun atau desa ini.

Tidak hanya disitu saja, ada juga lorong masuk Gang di Desa Sumberrejo yang ditutup dengan alasan untuk mencegah sebaran Covid 19.

Dari pantuan media SuaraBojonegoro.com hingga saat ini pada lebaran Idul Fitri dihari pertama masih banyak warga yang keluar rumah untuk melakukan silaturahmi kepada famili dan keluarga mereka, tanpa menyadari bahwa sebaran virus Corona sangat berbahaya, bahkan tampak pula ada warga banyak keluar rumah tanpa menggunakan masker dan tidak mengindahkan protokol Covid 19. (Rum/Red)