1.890 Personel Gabungan Diterjunkan Dalam Pengamanan Pilkades Bojonegoro

oleh -79 views

SuaraBojonegoro.com – 1.890  personel gabungan yang terdiri dari Polres Bojonegoro, Bawah Kendali Operasi(BKO) Polres Jajaran Polda Jatim dan Satuan Brimob diterjunkan dalam pengamanan Pilkades Serentak Gelombang III di 233 desa di 28 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro akan menggelar pilkades secara bersamaan pada 19 Pebruari 2020 mendatang.

Untuk Latihan Pra Operasi (Latpraops) hari ke dua, menghadirkan seluruh Bhabinkamtibmas dimana desanya yang melaksanakan pilkades nanti. Para Bhabinkamtibmas diberikan arahan dari Kabag Ops dan Kasat Intelkam menjelang pilkades serentak, Selasa(14/01/2020).

Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan, SIK, MH, ditemui awak media ini di kantornya menuturkan bahwa untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2020, Polres Bojonegoro akan menggelar operasi kewilayahan back up Polda Jatim, dengan sandi ” Operasi Mantap Praja Angling Dharma 2020 ” dengan lama operasi 156 hari dengan dimulainya pada tanggal 15 Januari sampai dengan 18 Juni 2020. Saat ini para Bhabinkamtibmas dikumpulkan untuk diberikan arahan apa yang harus dikerjakan menjelang pilkades nanti.

“ Kita kumpul para Bhabinkamtibmas desanya yang melaksanakan pilkades nanti, Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak untuk mengali informasi dan yang mengetahui situasi, kondisi desanya. Disamping itu juga sebagai caraka atau penghubung bagi personil BKO dalam pengamanan nati,” jelas  Kapolres Bojonegoro.

Dalam pengamanan pilkades nanti, pihaknya akan menerjunkan 1.890 personil gabungan, yang terdiri dari
580 personil Polres Bojonegoro , 1.060 personil BKO 20 Polres Jajaran Polda Jatim antara lain sebagai berikut :

1)           Polres Gresik;
2) Polres Jombang;
3) Polres Mojokerto Kota;
4) Polres Mojokerto Kabupaten;
5) Polres Kediri Kota;
6) Polres Kediri Kabupaten;
7) Polres Madiun Kota;
8) Polres Madiun Kabupaten;
9) Polres Magetan;
10) Polres Tulungagung;
11) Polres Blitar Kota;
12) Polres Blitar Kabupaten;
13) Polres Pasuruan Kota;
14) Polres Pasuruan Kabupaten;
15) Polres Trenggalek;
16) Polres Ponorogo;
17) Polres Bangkalan;
18) Polres Sampang;
19) Polres Pamekasan;
20) Polres Sumenep.

100 personel dari polres tetangga, yaitu Polres Tuban, Lamongan, Nganjuk dan Ngawi; 100 personel dari Sat Brimob Polda Jatim dan 20 personel Tim Anti Anarkis dari Sat Brimob Polda Jatim.

“Personil yang terlibat langsung dalam pengamanan Pilkades serentak sejumlah 1.890 personil, sedangkan untuk Brimob kita tempatkan di desa yang sangat rawan konflik,” ucap AKBP M Budi Hendrwan.

Selain penyiapan personil, pihaknya juga telah menyiapkan sarana prasarana yakni kendaraan patroli, truck, sepeda motor serta peralatan pengendali massa untuk menunjang pengamanan pilkades nanti. Hal tersebut dilaksanakan semata-mata untuk menunjukkan bahwa pihaknya sangat serius dan bertanggungjawab dalam pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Bojonegoro,agar dapat berjalan dengan, aman, damai dan kondusif, tanpa ada hambatan yang berarti.

“Polres Bojonegoro siap mengamankan selama tahapan pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Bojonegoro. Semoga situasi Bojonegoro tetap aman, damai dan kondusif hingga akhir Ops Mantap Praja Angling Dharma nanti,” pungkas Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan. (Lis/Red)