Sumber Air Bor Untuk Atasi Kekeringan di Desa Karangdinoyo

oleh -130 views

SuaraBojonegoro.com – Musim kemarau yang panjang membuat banyak wilayah mengalami krisis air bersis dan kekeringan di beberapa sumber air. Untuk mengatasi adanya kekeringan dibeberapa sumber air di desa, Pemerintah Desa Karangdinoyo membuat sumber air bersih dengan melakukan pengeboran sumber air yang tersebar di beberapa titik di Desa Karangdinoyo.

Kepala Desa Karangdinoyo Kasturi yang ikut turun langsung bersama Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo Bripka Achmad Wahyudin mengawasi jalannya masyarakat sekitar saat sedang melakukan pengeboran sumber air mengatakan bahwa sebagai Kepala Desa harus bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan warganya saat ini salah satunya adalah ketersedian air bersih di desa akibat kemarau panjang dan mengakibatkan kekeringan di desa.

“Banyak keluhan warga yang saat ini membutuhkan air bersih, melalui musyawarah bersama perangkat desa, maka saat ini kami berinisiatif untuk melakukan pengeboran sumber air yang diyakini memiliki sumber air yang sangat besar dan dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh warga sekitar pengeboran sumber air”, ucap Kasturi saat dilapangan mengecek bersama Bhabinkamtibmas, Rabu (16/10/2019) siang.

Kasturi juga menambahkan bahwa selama beberapa hari melakukan pengeboran yang dilakukan mulai awal bulan Oktober 2019 yang lalu, Pemerintah Desa sudah melakukan pengeboran sebanyak 12 titik pengeboran yang diantaranya yaitu di RT 05, RT 06, RT 08, 2 titik di RT 10, RT 09, RT 04, RT 02, RT 18 dan RT 19. Sedangkan untuk 2 sumber air yang di bor di RT 10 nantinya akan dialirkan ke RT 11 dan RT 12.

“Sedangkan 2 titik di Dusun Nglajer yaitu di RT 18 dan 19 tidak keluar airnya setelah dilakukan pengeboran sedalam 36 meter dan akhirnya diganti pada lokasi lain di Dusun yang sama”, terang Kasturi.

Tidak hanya Desa Karangdinoyo saja yang meninkmati air bersih setelah dilakukan pengeboran di titik – titik yang tersebar di Desa, namun ada sebagian warga dari desa tetangga yang juga ikut menikmati air bersih dari sumber yang telah di bor.

Selain melakukan pengeboran di beberapa titik pengeboran, Pemerintah desa dalam memenuhi ketersedian air bersih juga telah berusaha meminta bantuan kepada Pemerintah Daerah melalui BPBD Kabupaten Bojonegoro untuk memberikan bantuan air bersih.

“Alhamdulillah setelah meminta bantuan ke BPBD, desa kami langsung diberikan bantuan air bersih sebanyak 1 tanki truk setiap 4 hari sekali hingga saat ini”, imbuh Kasturi.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo yang juga ikut terjun langsung mengecek pengeboran air bersih mengatakan bahwa kebutuhan air bersih pada musim kemarau sangat diperlukan oleh warga, sehingga sebagai aparat pendamping desa mendorong kepada Pemerintah desa untuk bisa mencukupi kebutuhan air bersih yang salah satunya dengan pengeboran sumber air bersih yang ada di desa.

“Kami sangat mendukung apapun program yang bagus dari Pemerintah Desa setempat untuk kesejahteraan warganya”, ucap Bripka Achmad Wahyudin. (Lis/SB)