Inilah Semarak Menyambut Tahun Baru Hijriyah 1441 di MI Fathul Ulum Sumberjokidul

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah dan Harlah ke-54 MI Fathul Ulum Sumberjokidul, Paguyupan Wali Murid bersama Alumni MI Fathul Ulum Sumberjokidul berkolaborasi dalam acara Semarak Tahun Batu Hikriyah 1441 dan Harlah ke-54 MI Fathul Ulum Sumberjokidul.

Untuk memeriahkan Semarak Tahun Batu Hijriyah 1441 dan Harlah ke-54 MI Fathul Ulum Sumberjokidul ini, Panitia mengadakan beberapa rangkaian kegiatan, antara lain Ziarah ke Makam para Pendiri Madrasah, Bakti Sosial, Santunan Anak Yatim, “Bancaan Tampane Tahun” dan Pengajian Umum.

Pada hari Jum’at, 30 Agustus seluruh siswa beserta para wali murid dan alumni berbondong-bonsong menuju pemakaman desa setempat untuk berziarah ke makam para pendiri madrasah, Ustadz Muali, S.Pd selaku imam ziarah menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengenang dan mendo’akan para pendiri madrasah yang 54 tahun yang lalu susah payah berjuang dengan tenaga, harta bahkan nyawa untuk mendirikan madrasah ini, sekarang kita sebagai generasi muda harus ikut “ngeramut” peninggalan mereka, Semoga para pendiri madrasah ini senantiasa mendapatkan kenikmatan kubur dan di kelak dimasukkan surga oleh Allah swt.

Masih dalam rangka Semarak Tahun Batu Hijriyah 1441 dan Harlah ke-54 MI Fathul Ulum Sumberjokidul, pada hari Sabtu 31 Agustus 2019 dilanjutkan dengan kegiatan Bakti Sosial dengan membagikan 54 paket sembako kepada warga kurang mampu yg tersebar di desa Sumberjokidul dan Desa Sidorejo, kegiatan ini buka dan diberangkatkan langsung oleh pengawas madrasah kantor kementerian Agama kabupaten bojonegoro Ibu Hj. Luluk Mahbubah, S.Ag.M.Pd.I, dalam sambutanya beliau menyampaikan “kegiatan bakti sosial ini adalah bagian dari pembelajaran CTL, dimana siswa diajak langsung berhadapan dengan subjek nyata”. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkembangakan kepekaan sosial bagi siswa – siswi RA dan MI Fathul Ulum Sumberjokidul. “imbuhnya”. Secara terpisan disampaiakn oleh Masyhudi, S.Pd.SD selaku kepala madrasah “kegiatan ini diikuti oelh seluruh siswa – siswi kelas RA dan MI Fathul Ulum Sumberjokidul yang berjumlah 149 siswa yang terbagi dalam 5 kelompok, tiap kelompok didampingi oleh guru pendamping”.

Sebagai puncak acara Semarak Tahun Batu Hijriyah 1441 dan Harlah ke-54 MI Fathul Ulum Sumberjokidul, dilaksanakan Pengajian Umum yang didalamnya dilaksanakan berbagai kegiatan, sebagai pembuka acara ditampilkan ISFU Nada. Sebagai monentum tahun baru hijriyah pada kegiatan tersebut juga diadakan santunan anak yatim, sekitar 22 anak yatim hadir pada acara tersebut untuk menerima santunan yang diserahkan langsung oleh Bapak Moh. Marwan selaku ketua pengurus BP3M NU Fathul Ulum Sumberjokidul.

Tidak kalah pentingan kegiatan malam itu juga diisi kirim do’a kepada pendiri madrasah dilaksanan Istighotsah yang dipimpin oleh K.M Yasin selaku rois suriyah NU ranting Sumberjokidul dan didampingi oleh seluruh ulama’ yang ada didesa sumberjokidul. Setelah purna acara istighotsah dilanjutkan dengan “bancaan tampane tahun” dan Syukuran Harlah ke-54 MI Fathul Ulum sumberjokidul, ada sekitar 94 tumpeng yang dihidangkan pada hadirin. Sebagai acara inti pada malam itu hadir pula K. Muhaimin, S.Pd.I dari Senori Tuban sebagai penceramah. Secara garis besar disampaikan kita selaku umat islam harus pula bangga dengan tahun Islam, kalau jelang tahun baru masehi kita sibuk dengan terompet untuk merayakanya, maka di jelang tahun baru hijriyah kita juga harus sibuk introspeksi diri dan mengisinya dengan kegiatan dzikir dan do’a dengan harapan di tahun yang akan datang kita lebih baik dari pada tahun sebelumnya. “paparnya” [hd/lis/sb]

No More Posts Available.

No more pages to load.