Tingkatkan Kualitas Keluarga Indonesia, Abidin Fikri Ajak Bangun Dari GenRe

oleh -29 views

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas keluarga di Indonesia, Anggota Komisi IX DPR RI, H.Abidin Fikri, S.H., M.H. bersama BKKBN Jawa Timur menggelar sosialisasi 

Sosialisasi pembangunan keluarga melalui Generasi Berencana (Genre) Ceria di Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan, Tuban, Jumat, (30/11/2018).

Dalam kesempatan tersebut ia berpesan pentingnya dibentuk wadah untuk anak-anak muda meningkatkan pemahaman kependudukan dan berkegiatan secara positif seperti karang taruna, Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Dsb.

Ia menambahkan bahwa “fungsi dan tugas DPR RI terutama dalam konteks kependudukan adalah membahas program bersama BKKBN dan menyetujui dalam bentuk program yang diluncurkan ke Provinsi,” jelas Abidin.

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga memaparkan tentang Generasi Emas Produktif yang sedang dipersiapkan menjelang 100 tahun usia kemerdekaan RI. “Harta karun yang sejatinya bisa menjadi modal untuk kelangsungan bangsa dan negara ini kedepannya, bernama bonus demografi. Pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045,” ujar Abidin di hadapan ratusan masyarakat desa Sidotentrem.

Menanggapi hal itu, Dra. Suhartuti, M.M. selaku Kabid Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Provinsi Jawa Timur dalam acara sosialisasi menyampaikan tentang generasi Indonesia emas yang harus dipersiapkan oleh anak muda dengan meraih pendidikan yang setinggi-tingginya, jauhi narkoba, tidak menikah di usia dini, dan mempertinggi kualitas ilmu dan keahlian. (SB/Lis)