Realisasi PBB-P2 Tak Sesuai Target

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Realisasi pendapatan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Bojonegoro hanya mencapai Rp 16,4 miliar dari Januari hingga Agustus 2018. Targetnya, Rp 26 miliar.

“Hingga Agustus, realisasi pendapatan PBB-P2 ini sebesar Rp 16,4 miliar,” kata Kasubid Penagihan dan Keberatan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bojonegoro, Eko Puji Wahyono, Kamis (23/8/2018).

Meski kurang 4 bulan lagi, kata dia, pihaknya optimis pencapaian target PBB-P2 dapat terealisasi. Untuk itu, dalam upaya menggenjot penerimaan PBB-P2 ini, pihaknya melakukan upaya jemput bola mendatangi masyarakat dari rumah ke rumah.

“Masih banyak pemerintah desa yang belum setor pajak ke kita. Petugas kami di lapangan terus bekerja memenuhi target dengan memberikan motivasi kepada masyarakat akan kewajibannya dalam membayar pajak,” ucapnya.

Menurutnya, dari 28 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Kecamatan Kalitidu dianggap paling susah dalam menyetorkan PBB-P2 setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan, banyak uang pajak di duga digunakan oleh perangkat desa terlebih dahulu.

“Biasanya, kalau sudah dapat teguran dari Bupati baru dibayar. Itupun bayarnya nyicil,” ucap Eko Puji Wahyono.

Untuk itu, Eko Puji Wahyono mengimbau agar masyarakat segera membayarkan PBB-P2 sebelum jatuh tempo yang ditentukan yakni setiap tanggal 30 Agustus. Sebab terlambat akan dikenakan denda sebesar 2 persen per bulannya.

“Kita akan maksimalkan para kolektor PBB untuk lebih intens turun ke masyarakat. Sisa waktu yang ada ini akan kita maksimalkan,” pungkasnya. (die/yud)

No More Posts Available.

No more pages to load.