Peneliti BRIN Bagikan Tips Olah Data Kimia di Unigoro

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com — Prodi Kimia Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar workshop pengolahan data kimia untuk publikasi jurnal internasional bereputasi di Laboratorium Komputer Fakultas Sains dan Teknik Unigoro, Jumat (13/9/24). Workshop ini dipandu langsung oleh Dr. Monna Rozana, ST., M.Phil., selaku eneliti ahli madya Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).
Dekan Fakultas Sains dan Teknik Unigoro, Ir. H. Zainnudin, MT., mengapresiasi pelatihan yang diinisiasi oleh prodi kimia Unigoro. “Semoga ke depan mahasiswa-mahasiswi dari prodi lain bisa ikut pelatihan seperti ini. Terlebih materinya berkaitan dengan olah data penelitian dan disampaikan langsung oleh pemateri dari BRIN,” tuturnya.

Di hadapan mahasiswa, Monna menekankan pentingnya memublikasikan penelitian di jurnal internasional bereputasi. Yakni sebagai bukti bahwa hasil penelitian telah diakui kebaruannya oleh komunitas keilmuan dunia melalui reviewer yang ahli di bidang tersebut. Selain itu, Monna juga menjelaskan tahapan menulis artikel untuk jurnal internasional. Mulai dari memilih topik penelitian, review jurnal yang terkait dengan topik, menemukan kebaruan topik, penelitian sesuai prosedur di laboratorium, mengolah dan menyajikan data melalui grafik, analisis data, serta proses terakhir adalah menulis. “Fokus kita hari ini pada pengolahan data. Proses mengubah data mentah menjadi informasi yang bermakna dan berguna. Ada berbagai software yang bisa kita gunakan untuk mengolah data. Namun kita cari yang hasil tampilan grafiknya menarik agar mudah dipahami,” paparnya.

Akademisi asal Bumi Pasundan ini membimbing satu per satu mahasiswa untuk mengoperasikan software pengolah data SMA4win. Monna menambahkan, software pengolah data umumnya digunakan untuk menentukan nilai rata-rata sekaligus standar deviasi. “Data yang disajikan nantinya berbentuk grafik. Benefitnya jika pakai SMA4win ini selain free dan legal, juga mudah dibuat dan hasil grafiknya bagus,” ungkapnya.

Mahasiswa prodi kimia Unigoro tampak antusias dengan topik pelatihan kali ini. Mereka memanfaatkan momen tersebut untuk berdiskusi tentang strategi publikasi artikel di jurnal internasional bereputasi. (din)

No More Posts Available.

No more pages to load.