Minggu Besok, Surabaya Penuh Hiburan dari Pagi Hingga Malam, Ada Pawai Bunga dan Campursari

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com (SURABAYA). – Menjelang puncak acara HUT Kota Surabaya ke-731, yang akan berlangsung di halaman Balai Kota pada tanggal 31 Mei 2024, berbagai event hiburan menarik di akhir Mei terus terselenggara di berbagai tempat. Khusus pada hari Minggu, 26 Mei 2024, kota Surabaya benar-benar penuh hiburan sepanjang pagi sampai malam hari.

Diawali jam 10.00 WIB, digelar Pemilihan Cung Nduk Pasar Turi Baru Surabaya 2024 yang bertempat di Atrium Lantai Ground Pasar Turi Baru Surabaya. Acara ini akan menampilkan berbagai pertunjukan talenta bakat muda mudi dari berbagai daerah di Surabaya, dengan menggabungkan tradisi dan inovasi.

Kemudian pada jam 13.00 WIB dimulai acara Pawai Bunga atau Surabaya Vaganza, mulai Start di Tugu Pahlawan Surabaya dan berakhir di Balai Pemuda Surabaya atau Alun Alun Surabaya, sekitar pukul 17.00 WIB. Event tahunan pawai bunga menyambut HUT Surabaya ini selalu disambut antusias oleh warga kota. Penonton berjubel memadati jalur yang dilalui para peserta pawai.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya Hidayat Syah, Surabaya Vaganza tahun ini digelar dengan tema khusus, dan akan lebih banyak melibatkan komunitas dibanding tahun lalu. Lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Ada enam tema yang akan digelar, yakni Surabaya Before Century And Urban Legend, Kingdom Era, Cultural Acculturation (Multi Ethnic), Colonialism Era, Retro Surabaya, Metropolitan Surabaya (Surabaya at Present),” kata Hidayat, Selasa (21/5).

Pada malam harinya, di hari yang sama, masyarakat bisa menuju ke kampus Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG), Jl. Semolowaru Surabaya. Mulai jam 19.00, di halaman kampus tersebut digelar Campursari “Guyon Maton” oleh Cak Precil cs, dengan bintang tamu Proborini. Grup dari Blitar ini memang sedang ngetop dan viral di media sosial. Pagelaran campursari ini untuk umum dan gratis.

Menurut Kahumas UNTAG Surabaya, Dinda Lisna Amilia, pagelaran ini tidak berkaitan dengan HUT Surabaya, melainkan sebagai rangkaian dari acara Temu Alumni Akbar Fisip Untag Surabaya. Selain itu, menurut Dinda, juga merupakan sinergitas DPRD Propinsi Jawa Timur dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim dalam rangka penguatan dan pelestarian Seni & Budaya. PTS ini juga terkenal dengan tradisi Menggelar Pertunjukan Wayang Kulit setiap acara Wisuda kedua. Menurut Dinda, tradisi Wayangan tahun ini akan digelar bulan Agustus atau September mendatang.

Event menarik lain yang digelar di akhir Mei dalam rangkaian HUT Surabaya ke-731 adalah : Surabaya Pestapora atau Festival Tepi Pantai yang digelar sejak tanggal 21 sampai 26 Mei di THP Kenjeran. Acara ini berupa gelaran musik, games, bazaar dan sportaintment. (Red/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.