Antusias Peserta Seni Solo Di Kejuaraan Pencak Silat Rektor Unigoro Cup 

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com — Alunan musik tradisional mengiringi gerakan-gerakan indah para pesilat. Pertandingan cabor pencak silat Rektor Universitas Bojonegoro (Unigoro) Cup 2024 Se Jawa Timur hari ketiga diawali dengan kategori seni solo kreatif dan beregu, pada Jumat (8/3/24). Para pesilat mengkreasikan gerakan-gerakan jurus dengan berbagai senjata.

Ketua Pertandingan Rektor Unigoro Cup 2024, Suroto mengatakan, kategori seni solo kreatif ini jarang dipertandingkan. Melihat animo peserta Rektor Unigoro Cup tahun ini, ternyata banyak pesilat yang berminat tampil di kategori tersebut. “Karena sistem penilaiannya ini sangat kompleks,” ujarnya.

Suroto menjelaskan, peserta diberi waktu tampil dengan durasi satu sampai tiga menit. Mereka dinilai berdasarkan keserasian antara gerakan, senjata, dan musik yang digunakan. Stamina dan keberanian menggunakan senjata menjadi poin utama penilaian. Ada pesilat yang membawa senjata parang, tongkat, kipas, hingga celurit. Peserta juga dibebaskan memilih lagu-lagu nusantara untuk mengiringi penampilannya di atas gelanggang. “Yang pasti harus musik nusantara. (Musiknya) boleh secara live atau pakai flashdisk,” jelasnya.

Sistem pertandingan untuk kategori seni di babak penyisihan menggunakan sistem pool. Sedangkan di babak semifinal dan final menggunakan sistem beattle.

Suporter bisa menyaksikan langsung di kampus Unigoro maupun melihat cuplikan-cuplikan pertandingan di media sosial Universitas Bojonegoro. Rektor Unigoro Cup 2024 juga dimeriahkan dengan lomba konten suporter terbaik. konten yang di-upload minimal berdurasi 30 detik. Kemudian konten tersebut bisa di-upload mulai tanggal 6 hingga 9 Maret 2024 di Tiktok serta menandai atau tag akun @univ_bojonegoro. Peserta juga wajib mencantumkan hastag #DIESNAT43UNIGORO #UNIGORO #JAWATIMUR, sekaligus tag lokasi di Kabupaten Bojonegoro. “Ada poin-poin penting yang masuk penilaian lomba konten suporter terbaik. Tidak mengandung unsur SARA dan politik, kesesuaian antara konten dan tema, dan kreativitas. Serta yang paling penting jumlah viewers, like, dan komentar di konten tersebut,” jelas Humas Unigoro, Sofia Aldania B., S.Tp.

Panitia Kejuaraan Rektor Unigoro Cup 2024 menyiapkan hadiah sebesar Rp 250 Ribu bagi setiap suporter dengan konten dukungan terbaik. (din/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.