Duarr!!!, Siswa SMAPA Bojonegoro Simulasikan Peluncuran Roket Elektrik

oleh -
oleh

Reporter : Putut Sugiarto

SuaraBojonegoro.com – Siswa-siswi SMA Negeri 4 Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengikuti pembelajaran di luar kelas (outdoor study) berkaitan dengan STEM (Science, Technology, Engineering and Matchematics), dipandu oleh Darum Budiarto, selaku Guru Pembimbing berkaitan dengan materi serta fungsi kuadrat dengan penerapan peluncurun roket elektrik.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Alun-alun Bojonegoro Kota, diikuti seluruh siswa siswi kelas X IPA, Selasa (05/03/2024).

Darum Budiarto mengatakan, bahwa kegiatan pembelajaran STEM dilakukan bersama siswa siswi kelas X IPA, khususnya terkait dengan simulasi peluncuran roket elektrik.

“Kegiatan di luar kelas ini untuk mempraktekan pembelajaran STEM tentang simulasi peluncuran roket elektrik, hasil dari pengembangan kami beserta para siswa, dimana tahun lalu kita juga berhasil mengembangkan roket air, ” ungkap Darum.

Pembelajaran STEM ini berhubungan dengan beberapa materi. Seperti diketahui pada bidang fisika di mana terdapat tekanan, gaya dorong, gravitasi bumi, dan selanjutnya di bidang matematika ada fungsi kuadrat.

“Semua ini merupakan inovasi yang saya peroleh saat mengikuti pelatihan di Nasa Amerika Serikat, kemudian kita terapkan dan lakukan pembelajaran kepada siswa siswi SMA Negeri 4 Bojonegoro, Alhamdulillah, simulasi ini berjalan dengan baik, roket elekrik meluncur hingga meledak di udara, ” imbuhnya.

Dengan segala keterbatasan material atau bahan yang ada di sini, saat ini kita praktekan secara bersama-sama. Dan hasilnya sangat bagus sangat memuaskan.

Dirinya berharap, kedepan semoga dapat menjadi inspirasi yang lebih baik bagi siswa siswi SMA Negeri 4 Bojonegoro.

“Untuk anak-anak muda, khususnya anak didik, jangan takut untuk mencoba hal-hal yang baru, saya percaya anak-anak sekarang punya potensi yang baik, khususnya di bidang teknologi yang semakin canggih, “pungkasnya.

Diketahui, Darum Budiarto merupakan salah satu guru tingkat SMA yang terpilih pada tahun 2018 bersama 10 orang guru lainnya, mewakili pelatihan di perusahaan NASA Amerika Serikat. (Put/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.